JK: Ada Pengusaha Janji Bantu Palu dan NTB, Bohong Semuanya


Jakarta, FMS - Wakil Presiden Jusuf Kalla bicara soal bantuan dari swasta untuk membantu proses rekonstruksi pascabencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) maupun tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Jusuf Kalla tiba-tiba menyindir, ada pengusaha yang hanya mengumbar janji akan memberi bantuan tapi tak ada realisasinya.

"Ada 2 hal, ada menawarkan dan sudah melaksanakan, ada juga tokoh pengusaha yang sudah dapat bintang ke mana-mana karena isi hebat menggema (akan bantu daerah bencana). Sudah janji kiri kanan (tapi) tak ada realisasinya. Sudah janji di Palu, kemarin 1.500 rumah, yang diakuinya cuma 100," kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Rupanya, tak cuma janji memberi bantuan ke Palu saja. Orang itu, kata JK, juga menjanjikan bantuan ke NTB. Namun, Jusuf Kalla tak menyebut siapa orang yang dimaksudnya. Ia hanya memberi bocoran, pengusaha tersebut mendapat anugerah bintang Mahaputra Naraya dari Presiden Joko Widodo, meski tak disebut tahun berapa.

"Itu pun di NTB lebih parah lagi, orang yang sudah dielu-elukan karena itu karena itu merasa hebat, (sudah merasa) menyumbang kiri-kanan, ternyata tidak ada apa-apanya di NTB. (Di awal) mau mengajukan rumah, mengajukan apa, disambut oleh gubernur, Panglima TNI, aduh itu bohong semuanya," ujar JK.

"Jadi jangan percaya orang yang suka usaha-usaha begitu, merasa hebat tapi tidak ada buktinya," sesalnya.

Ia bercerita, Gubernur Sulteng hingga Gubernur NTB bahkan menagih janji bantuan yang akan diberikan oleh orang tersebut. Namun, sayangnya pengusaha tersebut tak kunjung memberikan bantuannya. Ia menyesalkan orang tersebut malah mendapatkan anugerah dari presiden.

"Jadi Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur NTB nagih, tapi tidak ada realisasinya. (Di awal janji) mau perbaiki desa, nanti kasih semua buktinya itu, dan di mana-mana begitu, (hasilnya) nol," kata Jusuf Kalla.

"Jadi jangan juga percaya orang yang merasa begitu, peringatan juga pada orang-orang pengusaha yang suka janji kiri kanan merasa langsung dikasih (Bintang) Mahaputra, padahal tidak ada. Mestinya dievaluasi kembali, bisa ditarik lagi itu bintang," tutupnya. 

(Kumparan)


BERITA LAINNYA

NASIONAL 3059128303102449187

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item