Selamatkan Satu Anak, Selamatkan Masa Depan Sulbar


Mamuju, FMS - Wakil Gubernur Sulbar, Enny  Anggraeni Anwar menghadiri acara pembukaan peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Sulawesi Barat yang berlangsung di Lapangan Lapas Khusus Anak (LPKA) tingkat II Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju,  Jumat,  2 Agustus 2019.

Dalam sambutannya, Enny mengatakan, menyelamatkan satu anak berarti selamatkan masa depan Sulbar.

Maraknya kasus kekerasan yang  menimpa perempuan dan anak, membuat  Menteri  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohanna Suzanna Yanbise menggagas program Three Ends. 

Program tersebut memiliki tiga tujuan yaitu, mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang dan mengakhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan ditambah dengan Three End Plus yaitu akhiri ketertinggalan perempuan  dalam politik.

Lebih lanjut disampaikan, anak merupakan mata rantai manusia yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa pada masa depan.

Oleh karena itu, menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus dan pewaris bangsa berarti membangun dan menyejahterakan kehidupan anak sedini mungkin.

Disamping perlu adanya pembekalan keimanan, kepribadian kecerdasan, keterampilan jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, berasusila cerdas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dengan mendukung program ini sudah menunjukkan bahwa kita telah ikut hadir dalam membangun program-program pembangunan pemerintah," pungkasnya. 

Sementara, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Mamuju, Idham Wahyu Kuncoro menyampaikan,  terdapat 10 anak yang telah menghuni LPKA Kabupaten Mamuju, dimana  delapan orang di dalam Lapas dan dua orang berada di LPS II Tangerang mengikuti jambore sejahtera anak dan pemasyarakatan anak selama tiga hari.

Adapun jenis pembinaan yang diterapkan kepada anak didik yaitu pembinaan secara rohani, dimana pihaknya telah bekerja sama dengan  Pondok Pesantren As Sunan Mamuju dan Pondok Pesantren  Tampa Padang.

"Beberapa bulan lalu pihak Lapas Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju telah menerapkan pendidikan kejar paket C kepada para anak didik. Kita telah melaksanakan arahan dari Pemprov tentang Perhatian  Pendidikan Formal kepada anak didik LPKA dan kedepan semoga kita lebih dibantu lagi dari Dinas pendidikan Kabupaten Mamuju dan Dinas Pendidikan Sulbar," terangnya.

(Ani)

Related

MAMUJU 7706523626561463733

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini