Aksi Kapolsek Urban Mamuju Padamkan Kebakaran Hutan


Mamuju, FMS - Kebakaran hutan dan lahan di Lingkungan Bulutangkang Kelurahan Rangas, Mamuju mendapat banyak simpati. Selain menimbulkan kerugian materi, peristiwa ini juga bisa mengganggu kesehatan warga hingga menyebabkan kematian bahkan dapat membahayakan pemukiman warga sekitar.

Tidak hanya pemerintah, sejumlah pihak pun tergerak untuk memadamkan api di lokasi kebakaran. Meski bertaruh nyawa, mereka tetap berkorban demi menyelamatkan hutan, sekaligus menyelamatkan warga dari gangguan kesehatan.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Urban Mamuju AKP Suhartono bersana Satgas Karhutla Kabupaten Mamuju yang terdiri personel Polresta Mamuju, Polsek Urban Mamuju, TNI, Damkar, Psc 119, Sat Brimob dan Badan Penanggulangan Bencana serta masyarakat untuk memadamkan api kebakaran hutan jati.

Lebih dari lima jam (kejadian pukul 12.00 Wita), AKP Suhartono bersama Satgas karhutla melakukan aktivitas pemadaman.


Sambil memegang selang air milik Damkar, dan menggunakan pakaian seragam polisi, topi dibalikkan, AKP Suhartono dan satgas karhutla terus berjuang memadamkan titik api hingga akhirnya api dapat dipadamkan pukul 17.00 Wita.

Mereka terlihat kompak dalam menangani kebakaran.

Selain itu, aksi heroik pun diperlihatkan oleh AKP Suhartono dan Satgas karhutla manakala mereka bahu membahu menarik selang Damkar diatas bukit yang curang. Dengan kekompakan air kemudian disemprotkan ke titik api. 

AKP Suhartono kemudiam menekankan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar hutan dengan kepentingan dan alasan apapun sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang  berlaku, diantaranya, UU RI No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, UU RI No. 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup, UU RI No. 39 tahun 2014 tentang Perkebunan dengan ancaman pidana 15 tahun penjara dan denda 15 milyar.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 9089347988225053607

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item