Cegah Karhutla, Polres Matra Sambangi Warga



Pasangkayu, FMS - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di hampir seluruh indonesia, membuat pihak Kepolisian bertindak cepat. Salah satunya adalah demgan melakukan pencegahan sejak dini melalui sosialisasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Polres Mamuju Utara (Matra). Walaupun Kabupaten Matra belum terdampak karhutla, namun pencegahan telah dilakukan dengan membentuk tim satgas karhutla.

Tim ini bertugas menyambangi warga yang memiliki lahan atau kebun dan selanjutmya diberikan pemahaman agar tidak melakukan pembakaran lahan baru.

Disamping itu, pemicu karhutla bukan hanya dari tangan jahil manusia, tapi juga dari alam akibat musim kemarau.

Kapolres Mamuju Utara , AKB Made Ary Pradana,S.IK,M.H mengatakan, kemarau tahun ini memang diprediksi berlangsung ekstrem sehingga diperlukan adanya upaya pencegahan, meskipun saat ini belum terjadi peristiwa Karhutla di Wilayah Kabupaten Pasangkayu.

"Untuk memcegah karhutla, kami dari pihak Kepolisian telah membentuk tim Satgas Karhutla," jelas Ary. Selasa (24/9/2109).

Tugas dari satgas ini adalah melakukan patroli dan imbauan ke masyarakat tentang bahaya karhutla

"Ini kita lakukan untuk mengajak masyarakat agar memahami bahaya Karhutla," kata Ary.

Selain itu, tim juga memberikan masukan-masukan dan saran yang intinya meminta kerjasama dengan masyarakat bila melihat atau mengetahui terjadi karhutla agar segera melapor ke Polres Matra.

(Ahmad)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 7035139246178812702

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item