DPD PAN Mamuju Bakal Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah



Mamuju, FMS - Jelang Pilkada Mamuju 2020, sejumlah partai politik (parpol) mulai membuka penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Tak terkecuali, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Mamuju.  Dalam waktu dekat juga akan membuka penjaringan tersebut.

Ketua Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, DPD PAN Kabupaten Mamuju, Lalu Syamsul Rijal, mengatakan, dalam waktu dekat ini, PAN akan membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati.

"Insya Allah, tiga atau empat hari kedepan kita akan melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, tentunya kita harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa hal termasuk formulir pendaftarannya dan syarat - syarat pendaftaran," kata Lalu, saat dikonfirmasi, Minggu (8/9/2019).

Lalu mengaku bahwa sejauh ini, selama wacana pilkada Kabupaten Mamuju bergulir, sudah ada satu figur yang membangun komunikasi dengan pihaknya, namun dirinya belum menyebut nama dari figur tersebut.

"Sudah ada satu calon bupati yang tanya-tanya kepada kami dan tentunya belum bisa kami sampaikan nama dari figur tersebut karena kami akan buka penjaringan ini seluas-luasnya terutama kader-kader PAN sendiri jika memenuhi syarat kita akan dorong," ujar Lalu.

Menurut Lalu, terkait dengan calon-calon lain yang berpotensi tentu PAN juga mempunyai pertimbangan khusus. 

"Intinya, kita juga ingin menang, jadi calon yang diusung oleh DPD PAN itu tentu kader-kader yang berpotensi menang sekaligus memenuhi kriteria yang nantinya akan kita kaji bersama tim dan DPP Partai PAN sendiri," pungkas Lalu.

Sementara Ketua DPD PAN Kabupaten Mamuju, Masram Jaya mengatakan, PAN mengutamakan kader-kadernya baik yang ada di DPW dan DPD, baik sebagai calon 01 atau 02. Bila kader yang akan diusung tidak memungkinkan, maka masih ada opsi-opsi lain.

"Opsi lain itu kita akan jalankan dulu, rumuskan secara bersama yang jelas apapun keputusan partai kedepan tentu ini dalam rangka agar kerja-kerja partai lebih terarah sehingga ada imbasnya ke pemilu 2020 - 2024," tutur Masram.

Saat ditanya apakah sudah ada figur yang telah membangun komunikasi politik ke partai berlambang Matahari Terbit ini, Masram mengaku hampir semua bakal calon yang digadang akan bertarung di Pilkada Mamuju kedepan sudah membuka komunikasi dengan partai yang dipimpinnya.

"Saya kira hampir semua berkomunikasi dengan kita, baik petahana dalam hal ini Habsi Wahid, Irwan Satya Putra Pababari, termasuk juga Sutina Suhardi, dan terakhir intens komunikasi ke kami adalah SDK dalam hal ini partai Demokrat dan termasuk H. Damris yang juga bersedia maju dan berharap PAN bisa dijadikan salah satu kendaraan politiknya kedepan," terang Masram.

Ditempat yang sama, Sekertaris DPW PAN Sulawesi Barat Arman Salimin, menjelaskan, sesuai dengan instruksi DPP PAN, DPD PAN Mamuju segera akan membuka penjaringan.

"Hari ini agendanya adalah rapat pembentukan panitia penjaringan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Mamuju sesuai dengan instruksi dari DPP PAN. Setelah itu DPD akan mempersentasikan di tingkat DPP terkait dengan pilkada, termasuk salah satu instruksi dari DPP PAN bahwa sedianya ada kader yang maju dan tentu itu sangat diharapkan," jelasnya.

Jika tidak ada kader untuk menyatakan sikap maju di Pilkada kedepan, Arman memberi sinyal bagi kader Muhammadiyah untuk maju di perhelatan pilkada Mamuju 2020 - 2024.

"PAN bukan Muhammadiyah, tetapi kami dekat dengan Muhammadiyah, siapa tahu ada kader dari Muhammadiyah yang sewarna dengan kami tentu kita akan dorong juga, yang jelasnya kami akan prioritaskan kader dan orang yang se visi dengan kami," ungkap Arman Salimin.

"Partai PAN ini tentu punya ideologi, ketika kita satu visi dan seideologi kenapa tidak. Muhammadiyah ini tentu merupakan salah satu pertimbangan dan pertimbangan lainnya adalah itu dilihat dari tingkat elektabilitasnya, termasuk mencari figur yang bisa memperjuangkan masyarakat," jelas Arman Salimin.

(Adhi Riadhy)

Related

MAMUJU 6697896966930501084

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini