Disperindagkop Sulbar Ikuti Pameran Dagang Bertaraf Internasional


Jakarta, FMS - Agenda tahunan Kementerian Perdagangan RI yakni Trade Expo Indonesia adalah pameran dagang yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan yang bertaraf Internasional.

Pameean tersebut kembali digelar untuk yang ke 34 kalinya, Rabu,16 Oktober 2019, di Jakarta dan dibuka Wakil Presiden Drs H. M. Jusuf Kalla, serta dihadiri beberapa menteri kabinet kerja jilid I serta para Dubes.

Sementara Provinsi Sulawesi Barat juga turut andil dalam pameran tersebut, yang dihadiri oleh Wagub Hj. Enny Anggraeny Anwar, didampingi Kadisperindagkop Amir Maricar.

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Luar Negeri Disperindagkop & UKM Sulbar, Najib Ali, menjelaskan, Trade Expo Indonesia 2019 ICE BSD adalah pameran perdagangan terbesar yang menjadi ajang tahunan Kementerian Perdagangan RI, dimana pengunjung pameran tersebut dihadiri buyer-buyer dari luar negeri.

"Untuk itu dalam rangka peningkatan ekspor daerah, pemerintah Sulawesi Barat melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM mengikutsertakan 2 UKM/IKM binaan yang mempunyai produk olahan makanan dan minuman, dimana sebelumnya dilakukan proses seleksi melibatkan tim PIC dan Desaigner kemasan Kementerian Perdagangan, ucapnya, Kamis, (17/10/2019).


Lebih jauh Najib Ali menguraikan bahwa dua UKM yang ikut dalam pameran tersebut diantaranya UD. Untuk Indonesia Hijau (produk coklat) Kabupaten Polman dan CV. Poki Cahaya Abadi (produk Kopi Mamasa) Kabupaten Mamasa.

Sebelum mereka ikut di ajang pameran tersebut sambung Najib, merek terlebih dahulu di training untuk pembuatan kemasan produk yang instrukturnya dari Desaigner dari Kemendag.

"Melalui bimbingan ini, diharapkan kemasan yang dibuat nanti sudah dapat diterima dipasar global, dan dari segi keunggulan dari event Trade Expo Indonesia 2019 ini UKM/IKM terpilih telah mengikuti pelatihan tentang prosedur ekspor selama 5 hari di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BPPEI)Kementerian Perdagangan di Jakarta," jelas Najib.

Untuk Display Sulawesi Barat di ajang pameran tersebut, telah dikunjungi beberapa buyer dan pengusaha dari negara Yordania, Japan, Rusia, Afrika, Serbia dan Taiwan.


"Dan sore tadi Display Sulbar yang mengusung tema Sulbar Marasa telah dikunjungi istri Menteri Perdagangan ibu Peggy Enggar Lukita," bebernya.

Selain dikunjungi oleh para pengunjung luar sebut Najib, display Sulbar juga turut dikunjungi oleh Sekprov Sulbar, Dr. Muh. Idris DP, Anggota DPR RI Partai Nasdem Dapil Sulbar, Ratih Megasari Singkarru dan anggota DPD RI Dapil Sulbar Andri Prayoha Singkarru.

(Wati)

Related

MAMUJU 5895690262493151161

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini