Bupati Mateng Resmikan Enam Gedung Baru di RSUD, Ini Yang Disampaikan ...


Bupati Mateng Aras Tammauni meresmikan enam gedung baru di RSUD Mateng, ditandai pengguntingan pita, Jumat (17/01/2020). (Foto: Yasin/Humas Mateng) 

MATENG, FMS -- Bupati Mamuju Tengah (Mateng) Aras Tammauni, meresmikan enam gedung baru di RSUD Mateng, Jumat (17/01/2020).

Gedung yang diresmikan adalah Instalasi Farmasi, Gizi, Loundry, Instalasi Pemeliharaan Sarana Prasaranan Rumah Sakit (IPSRS), Perawatan Kelas I dan Kelas II.

"Hari ini kita meresmikan pembangunan gedung baru RSUD Mateng. Ini sejalan dengan amanat Pasal 28 perubahan UUD RI 1945 yang menegaskan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan," kata Aras dalam sambutannya.

Kemudian, lanjut bupati, dalam pasal 34 ayat 3 negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas penyediaan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.

Bupati berharap keberadaan gedung baru ini, sekiranya dapat meningkatkan kebersihan. Sehingga masyarakat dapat merasa nyaman saat berada di RSUD ini.

"Jika tidak bersih kan bisa menimbulkan penyakit," katanya.

Pembangunan tersebut, menurut Aras sejalan dengan visi misinya. Yakni, mewujudkan kemandirian daerah dalam bingkai Lalla Tasisara. Ini terwujud melalui gerakan bersama membangun Mamuju Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditahun 2020.

Terkhusus yang tertuang di misi ke 2 adalah perbaikan dan peningkatan infrastruktur kesehatan, melalui peningkatan layanan Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, serta sumber daya manusia di bidang kesehatan.

"Semua ini untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan kuat," ujarnya.

Wakil Bupati Mateng Amin Jasa menggunting pita di depan salah satu gedung yang diresmikan, Jumat (17/01/2020). (Foto: Yasin/Humas Mateng)

Lanjut dikatakan bupati, RS sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan perorangan. Sebagai bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan, dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Dengan berlakunya otonomi daerah maka kesehatan merupakan salah satu bidang pemerintah yang wajib dilaksanakan kabupaten atau kota.

"Hal ini berarti bahwa pemerintah kabupaten atau kota bertanggung jawab sepenuhnya dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat diwilayahnya," tutur bupati.

"Tentunya pemerintah tidak akan berhenti untuk terus berupaya membenahi kebutuhan bangunan dan infrastruktur rumah sakit sesuai dengan kebutuhan secara bertahap," tambahnya.

Ia berharap beberapa gedung yang baru diresmikan, dapat memberi manfaat besar terhadap peningkatan layanan rumah sakit. Serta memberi kontribusi positif terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Mamuju Tengah.

Ketua DPRD Mateng Arsal Aras menggunting pita salah satu gedung RSUD yang diresmikan, Jumat (17/01/2020). (Foto: Yasin/Humas Mateng)

Direktur RSUD Mateng dr Patunrengi mengatakan, peresmian enam gedung baru ini untuk mewujudkan mutu pelayanan, serta peningkatan sarana dan prasarana RS. Kata dia, standarisasi ini harus terpenuhi agar kualitas dan mutu pelayanan terpenuhi.

"Hari ini juga ada penyerahan Ambulance dan peletakan batu pertama untuk pembangunan Musala Asy Syfa RSUD Mateng," tandasnya.

Peresmian enam unit gedung baru RSUD Mateng dihadiri Wakil Bupati Muh Amin Jasa, Ketua DPRD Arsal Aras, Kasat Narkoba Polres Mateng IPDA Saiful, para asisten serta pimpinan OPD Lingkup Pemkab Mateng. (jml/riz)


Related

MATENG 3811688804277941221

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini