Kepala BPOM Penny K.Lukito Resmikan Kantor BPOM Mamuju

MAMUJU, FMS - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pusat Penny K. Lukito meresmikan kantor balai POM di Mamuju di Desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar , Rabu (11/3).

Pada kesempatan tersebut Penny  menyampaikan bahwa Balai POM di Mamuju saat ini sedang berproses melengkapi berbagai sarana prasarana guna memperkuat fungsinya.

“Peresmian gedung Balai POM hari ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan industri dan masyarakat,” tutur Penny K. Lukito.

Ia berharap agar peresmian ini menjadi momentum untuk peningkatan kesehatan masyarakat melalui kinerja pengawasan dan kerja sama lintas sektor yang lebih baik.

“Kerja sama dan koordinasi dengan lintas sektor di daerah menjadi prioritas kami. Sebagai suatu organisasi yang tidak dapat berjalan sendiri, Badan POM sangat terbuka untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, akademisi, pelaku usaha, dan segenap lapisan masyarakat demi meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan serta mewujudkan negara hadir untuk perlindungan masyarakat,” ungkap Penny K. Lukito.

“Mari bersama kita bekerja untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

Lanjut dikatakan Badan POM berkomitmen untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah terutama kawasan timur Indonesia atau daerah perbatasan, salah satunya melalui pemenuhan sarana prasarana dan infrastruktur Balai POM di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM, Balai POM di Mamuju melakukan tugas pengawasan keamanan, manfaat, dan mutu obat dan makanan, termasuk juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), baik para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing produk obat dan makanan, juga mengedukasi masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas.

Lebih jauh dikatakan Fenny dalam menjalankan fungsinya dalam melindungi kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Barat, Balai POM di Mamuju membutuhkan sarana prasarana serta infrastruktur yang memadai dalam mendukung pengawasan obat dan makanan. Kebutuhan tersebut antara lain berupa pembangunan gedung laboratorium obat dan makanan, pengadaan alat laboratorium, kendaraan laboratorium keliling beserta dukungan untuk operasionalnya.

Balai POM di Mamuju memiliki cakupan wilayah pengawasan di enam kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat yaitu Kabupaten Mamuju, Kabupaten Majene, Kabupaten Mamasa, Kabupaten Mamuju Tengah, Kabupaten Pasangkayu, dan Kabupaten Polewali.

Usai peresmian gedung Balai POM di Mamuju, Kepala Badan POM menyerahkan nomor Izin Edar (NIE) produk air minum dalam kemasan (AMDK) cahaya syukur, AMDK Danur, AMDK Firdaus, AMDK Maria Oxy, Kopi Cap Maraddia, dan Minyak Goreng Palm Alu Palmania.

Selanjutnya Kepala Badan POM bersama Wakil Gubernur Sulawesi Barat melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada Generasi Milenial, yaitu 100 orang pelajar dari SMPN 2 Mamuju, MTS Negeri Binanga, dan MAN Mamuju bertajuk “Gebyar Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman, Sehat, dan Bermutu”, karena Generasi Milenial adalah tumpuan masa depan bangsa untuk Indonesia Maju.(Awal).

Related

MAMUJU 5534694959429503949

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini