Data BLT Desa Carut Marut, Warga Desa Mombi Protes Dihadapan Bupati Polman

POLMAN, FMS - Aksi protes mewarnai penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) Dana desa di Desa Mombi, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dihadapan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, sejumlah warga memprotes pemberian BLT desa yang dinilai tidak merata dan tidak tepat sasaran.

Salah seorang warga bernama Rusmadi mengatakan, dengan adanya penyaluran BLT kepada masyarakat terdampak. Namun yang menjadi persoalan sekarang adalah, ada beberapa masyarakat yang betul-betul terdampak, namun mereka tidak mendapatkan haknya baik itu di BLT dana Desa  maupun di  bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Menurutnya, hal ini akan menimbulkan gejolak dimasyarakat, apalagi dalam kondisi sosial ditengah masyarakat, orang yang tidak mendapatkan bantuan ini lebih layak mendapatkan dibanding warga yang telah terdaftar dan menerima BLT desa yang ada saat sekarang ini.

"Kami tidak memprotes kepada warga penerima BLT yang telah ada, namun kami menginginkan keadilan agar warga yang belum terdaftar ini juga bisa mendapatkan haknya. Saya ingin bertanya, kira-kira solusi seperti apa yang diberikan pak Bupati sehingga masyarakat yang terdampak ini yang belum ada namanya sebagai penerima bantuan bisa mendapatkan juga haknya," tanya warga kepada Bupati.

Menanggapi hal tersebut, AIM memberi Ultimatum keras kepada kepala desa Mombi agar secepatnya bisa menyelesaikan masalah tersebut. Bupati sempat geram dengan data dari pemerintah desa setempat yang tifak akurat.

"Jadi begini.. pak desa dengar baik-baik.. kalau dana BLT sudah turun, dan tidak cukup memenuhi kuota, alihan ke Bansos. Kalau pun Bansos tidak cukup, lapor ke Bupati nanti pribadi saya yang bantu," kata AIM.

Hari pertama penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa di kabupaten Polewali Mandar, mulai disalurkan kepada 20 desa dari 144 desa yang ada di Polman.

Penyerahan BLT ini diberikan secara langsung oleh Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar di dua desa yakni Desa Mombi dan Alu, Kecamatan Alu, di Kantor Desa setempat, Selasa, (19/5/2020).

Untuk menghindari kerumunan massa, pembagian BLT dilakukan secara simbolis kepada perwakilan warga penerima. Hal ini dilakukan untuk menerapkan psycal distancing sesuai dengan anjuran dan protokol kesehatan dari pemerintah.

Selain dihadiri Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda,  Ketua DPRD Polman, Kapolres Polman dan Kajari Polman serta beberapa Pimpinan OPD.

Dalam penyampaiannya, AIM mengatakan, pembagian BLT di Desa Mombi dan Desa Alu di Kecamatan Alu ini harus tepat sasaran dan kalau sudah ada warga yang terima BLT maka mereka tidak dapat atau berhak menerima Bansos dari Kemensos.

BLT yang dibagikan ini untuk bulan April yang dicairkan di bulan Mei 2020 dengan harapan semua warga miskin yang terdampak Covid-19 bisa semua merasakan bantuan tersebut.

Selain menyerahkan bantuan BLT, Bupati juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap patuh terhadap anjuran pemerintah dan protokol kesehatan pemerintah agar bisa terhindar dari virus covid 19.
“Mari kita berdoa agar wabah Covid-19 ini cepat hilang, supaya kita bisa beraktifitas seperti biasa lagi,”kata Bupati dua periode ini.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Mombi Muh. Yusuf mengatakan, jumlah penerima BLT DD diwilayahnya sebanyak 162 orang dengan nilai total Rp. 97.200.000. Warga penerima akan mendapatkan uang tunai sebanyak Rp. 600 ribu setiap bulan, selama 3 bulan berturut-turut.

Terkait masalah data, ia mengatakan akan memperbaiki data warganya agar tidak ada lagi carut marut data.

"Kami bersama aparat desa akan melakukan perbaikan dan verifikasi kembali data warga kami"katanya.

Ketua DPRD Polman, Jupri Mahmud berharap penyaluran ini bisa secepatnya dilakukan dan menyentuh semua masyarakat yang terdampak, sehingga mereka bisa pergunakan dalam menyambut lebaran dan kelangsungan hidupnya bisa tercukupi.

"Semoga penyaluran ini bisa tuntas sebelum lebaran agar masyarakat kita betul-betul merasakan manfaatnya,"kata Jufri.

Program BLT dana desa ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi RI untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat wabah pandemi covid 19. Setiap penerima akan menerima uang tunai sebesar Rp. 600.000 perbulan, selama 3 bulan berturut-turut.(Anto)

Related

POLMAN 7400521252073595859

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini