Musnahkan Sarang di Kantor Bupati Polman, Petugas Damkar Terluka Diserang Tawon

POLMAN, FMS - Dinas pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, memusnahkan sebuah sarang tawon vespa yang berada di dalam lingkungan Kantor Bupati setempat, pada Senin malam (18/5/2020).

Rombongan tim pemadam tiba dikantor Bupati sekitar pukul 21:00 Wita menggunakan satu unit mobil pemadam. Sebelum memulai aksinya, petugas damkar terlebih dahulu memakai alat pelindung diri yang safety berupa baju anti panas agar tetap aman saat mengevakuasi.

Petugas sempat mengalami kesulitan karena sarang tersebut berada diatas ketinggian yang sulit dijangkau. Setelah semuanya siap, seorang petugas lalu memanjat keatas pohon menggunakan sebuah tangga.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembasmi serangga kedalam lubag sarang tawon. Butuh waktu sekitar 10 menit, untuk menyemprotkan cairan kesasarannya. Satu persatu tawon terjatuh kebawah.

Namun pada saat dievakuasi, kawanan tawon menyerang seorang petugas damkar hingga terluka akibat dari sengatannya. Petugas lainnnya yang telah siap dibawah menyalakan api untuk membakar tawon yang terjatuh.

Setelah dirasa cukup aman, petugas lalu memotong dahan pohon tempat sarang tawon tersebut bertengger. Sarang tawon yang terjatuh ini lalu dibakar hingga habis.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Polman Aco Jalaluddin mengatakan bahwa keberadaan sarang tawon ini sudah sangat meresahkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang bekerja di Kantor Bupati.

Sarang tawon ini bertengger diatas pohon pelindung yang berada didekat gazebo dekat ruangan humas pemkab.
"Ini sangat berbahaya dan sengatannya bisa mematikan. Makanya itu tadi meminta kepada dinas Pemadam memusnahkan sarang tawon itu,"kata Aco.

Petugas Dinas Pemadam Saharuddin mengatakan bahwa timnya sempat mengalami kesulitan karena minimnya alat kerja dan medannya yang sulit dijangkau oleng anggotanya.

"Ini harus betul-betul safety baru bisa di evakuasi karena sangat membahayakan bagi petugas,"katanya.

Butuh waktu sekitar satu jam, hingga pemusnahan sarang tawon ini akhirnya berlangsung dengan aman dan lancar. Saat ini kondisi disekitar Kantor Bupati sudah dirasa cukup aman. Sejumlah ASN pun merasa nyaman dan tidak kuatir lagi saat bekerja.(Anto)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini