Mamasa Siap Jika New Normal Diberlakukan

MAMASA, FMS--Kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 mengenai Pembatasan Pergerakan Pelintas Wilayah (P3W) yang diberlakukan di Kabupaten Mamasa akan segera berakhir.

Sebagai ganti kebijakan tersebut, kemungkinan Kabupaten Mamasa juga akan memberlakukan kebijakan New Normal atau kondisi normal baru sama seperti yang akan diberlakukan di sejumlah daerah.

Alasan pemberlakuan kebijakan tersebut diperkuat dengan keberadaan wilayah Kabupaten Mamasa yang dari awal masuk zona hijau penyebaran Covid 19 di Sulawesi Barat. Meski sebelumnya sempat dicatat kedalam zona merah, namun hal berlangsung tidak lebih dari 24 jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamasa, Labora Tandipuang mengatakan untuk kebijakan pemberlakuan New Normal masih menunggu surat instruksi seperti apa pelaksanaan teknis protokolnya.

"Tentunya penerapan P3W ini tidak akan jauh berubah dengan penerapan New Normal, hanya akan ada penyesuaian," katanya, Senin (1/6).

Ia menuturkan penerapan New Normal adalah kebijakan penerapat tatanan hidup baru, untuk Mamasa kemungkinan hal itu akan diterapkan mengingat wilayah Mamasa yang sampai saat ini masih berada di zona hijau.

"Saat ini pembahasan pemberlakuan New Normal di Mamasa masih dalam tahap bincang-bincang, tentu nantinya jika akan diberlakukan akan ada rapat untuk pembahasan teknisnya," tuturnya.

Sementara itu, sebagai bentuk persiapan jika nantinya Mamasa menerapkan New Normal, Kepala Sekretariat GTPP tersebut menyampaikan pihaknya akan segera mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. "Mau tidak mau kalau kebijakan ini diterapkan, maka kita akan persiapkan segala sesuatunya, tinggal menyesuaikan karena masyarakat sudah dipersiapkan sebelumnya," ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya pada dasarnya masih menunggu peraturan secara teknis seperti apa protokol yang akan diterapkan. "Tetunya kita tidak mau mengambil langkah yang akan membuat Mamasa kebablasan dan masuk ke zona merah," tambahnya.

Sebagai catatan, dengan kebijakan pemberlakuan P3W dinilai berhasil menjaga wilayah Mamasa tetap berada di zona hijau.

Jikapun kebijakan New Normal diberlakukan, maka besar kemungkinan itu tinggal menyempurnakan kebijakan P3W yang sudah diberlakukan selama ini. (klp)

Related

MAMASA 1499627017201541982

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini