Tingkatkan Kamtibmas, Polres Mamasa Akan Gelar Operasi Lilin Siamasei 2020


MAMASA, FMS -- Dalam rangka meningkatkan pengamanan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kepolisian Resort Mamasa lakukan gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Senin (21/12).

Kapolres Mamasa, AKBP Indra Widyatmoko dalam sambutannya mengatakan gelar pasukan Operasi Lilin Siamasei 2020 dilaksanakan untuk meningkatkan sinergi Kepolisian dengan instansi terkait dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Pengecekan yang dimaksudkan baik pada aspek personel maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Ia menuturkan Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, sehingga akan meningkatkan aktifitas pusat keramaian. 

Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan keamanan dan keselamatan berkendara, dan pelanggaran protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19.

"Operasi Lilin 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," tuturnya.

Ia menekankan agar dalam pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan dalam masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," ucapnya.

Berdasarkan pemetaan kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti pencurian, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan, dan kecelakaan Ialu lintas.

"Selain itu patut juga diwaspadai ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan," lanjut Indra menjelaskan.

Ia berharap agar seluruh jajaran di wilayah kerja masing-masing mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif, serta cara bertindak yang tepat, efektif, dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.

"Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Dan melakukan deteksi dini kerawanan yang akan meresahkan masyarakat," harapnya.

Apel pasukan dilaksanakan di halaman Markas Polres Mamasa. Untuk operasi pengamanan dinamai Operasi Lilin Siamasesi 2020.

Hadir dalam kegiatan apel tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta sejumlah pejabat eselon II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten Mamasa. (kedi)

Related

MAMASA 7140986366075689829

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini