49 Desa Di Mamasa Akan Gelar Pilkades Serentak Tahun 2021


MAMASA, FMS--Di tahun 2021 ini, sebanyak 49 kepala desa se-Kabupaten Mamasa akan berakhir periode kepemimpinannya. Secara otomatis, desa-desa tersebut harus melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang baru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMD), Yahyadin Karim mengatakan 49 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun ini rata-rata berakhir periodenya bulan Desember.

Dengan demikian proses Pilkades akan dimulai tahapannya pada sekitar bulan September atau Oktober.

Untuk pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten dan desa akan dilakukan setelah ada kesepakatan dengan pimpinan kepastian kapan tahapan Pilkades serentak 2021 akan dimulai.

"Kita sementara komunikasikan ke pimpinan karena untuk penganggarannya nanti tetap menggunakan APBD," ungkapnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (25/2).

Selain menggunakan APBD Kabupaten, Pilkades juga akan menggunakan anggaran dana desa untuk membiayai panitia Pilkades yang ada di desa tersebut.

Mengenai kekhawatiran ditundanya Pilkades serentak lantaran wabah Covid 19 yang tak kunjung usai, Ia menyampaikan bahwa hingga saat ini dirinya belum menerima pemberitahuan dari pemerintah daerah.

"Belum ada pemberitahuan penundaan, yang pasti perintah pimpinan dalam hal ini pak bupati bahwa Pilkades harus dilaksanakan tahun ini," ucapnya.

Yahyadin menambahkan berdasarkan arahan dan pertimbangan dari pimpinan, jika Pilkades diundur justru akan semakin menimbulkan lebih banyak dampak dan resiko.

"Justru akan semakin beresiko jika ditunda," tambahnya. (kedi)

Related

MAMASA 7101854269810215958

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini