260 Unit RTLH Kembali Dibangun Di Mamasa


MAMASA, FMS--Pemerintah pusat kembali merealiasikan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk masyarakat tidak mampu di Kabupaten Mamasa.

Sebanyak 260 unit RTLH saat ini sedang dibangun, dan ditargetkan akan rampung pada bulan Juni atau Juli mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Mamasa, Gusti Harmiawan mengatakan secara keseluruhan ada sekitar 18 ribu unit data RTLH yang ada dalam data base.

Namun dari sekitar 18 ribu unit tersebut, 12 ribu unit telah divalidasi. Sehingga masih ada kurang lebih 6 ribu unit yang belum divalidasi.

"Dari 12 ribu unit yang telah divalidasi, 3400 unit telah kita usulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan stimulan atau bantuan RTLH di tahun 2021 ini," katanya, Rabu (14/4).

Proses pengumpulan data yang diperoleh oleh pihaknya dilapangan, telah dimulai beberapa tahun lalu dan melakukan pengimputan data kedalam sebuah aplikasi yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ia menjelaskan dari 3 ribu lebih unit yang diusulkan tahun ini, Kabupaten Mamasa diberi bantuan sebanyak 260 unit. RTLH inilah yang saat ini tengah dikerjakan dan sifatnya adalah rehabilitasi atau peningkatan kulitas rumah layak huni.

"3400 unit yang diusulkan tersebut juga telah tervalidasi by name by address. Mereka adalah calon penerima yang siap menerima bantuan," jelasnya.

Ia menambahkan untuk pembangunan rumah rakyat yang tidak layak huni sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya memastikan tercapainya standar pelayanan mutu sebagaimana yang diatur dalam undang-undang. (kedi)

Related

MAMASA 4421540126087506102

Post a Comment

  1. Dengan basa-basi lagi, mari lanjutkan dan unduh android emulator alternatif Bluestacks dengan peringkat terbaik di PC Anda

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini