Inovasi LASALMAN, Disdukcapil Mateng Berfokus di Desa



MATENG, FMS -  Peningkatan layanan administrasi kependudukan di desa, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mamuju Tengah (Mateng) berinovasi Lasalman.  

Semalam di Desa, Pelayanan Dokumen Kependudukan (Lasalman) merupakan inovasi baru yang di motori Kabid PIAK dan PDK Disdukcapil Mateng, Irawati. Senin (10/5/2021)

Menurutnya, pelayanan administrasi kependudukan merupakan tugas utama baginya di dinas tempat ia mengabdi. Selain itu, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ia menyadari tentang pentingnya pelayanan sebagai abdi negara dan masyarakat. 

"Jelas digariskan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara, yaitu melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas dan mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia” jelas Irawati.     

Dikatakan pula, kualitas pelayanan saat ini dikeluhkan oleh warga yang masih sangat minim, jauh dari harapan, bahkan masih terdapat sejumlah warga yang tidak memahami secara pasti tentang pelayanan yang seharusnya,  sesuai dengan prosedur yang diberlakukan oleh pemerintah. 

Selain itu, warga masih enggan mengadu jika menerima pelayanan yang tidak semestinya, 

"Bahkan hampir pasti mereka pasrah menerima layanan seadanya. Kenyataan semacam ini terdorong oleh sifat public goods menjadi monopoli pemerintah khususnya dinas atau instansi dan hampir tidak ada pembanding dari pihak lain," tambahnya.

Praktek semacam ini, lanjut  Irawati, menciptakan kondisi yang merendahkan posisi tawar dari masyarakat sebagai penggunan jasa pelayanan dari Pemerintah, sehingga memaksa masyarakat mau tidak mau menerima dan menikmati pelayanan yang kurang memadai tanpa protes. 

Meminimalisir hal itu, ia berinisiatif akan mendorong sebuah Inovasi LASALMAN,  yakni Semalam di Desa Pelayanan Dokumen Kependudukan, hal ini bertujuan untuk memberikan layanan birokrasi yang Bersih dan Melayani  (BBM), pemerintahan yang responsif, berdaya saing, cepat dan tepat sesuai sasaran, serta mengcover layanan semua masyarakat,  utamanya yang berprofesi sebagai petani, tidak mendapat layanan pada siang hari karena lebih memilih ke kebun. 

Inovasi LASALMAN adalah program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju Tengah di bidang pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang berkoordinasi dengan bidang informasi terkait pelayanan di desa yang akan diterapkan. Program ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan KTP, KK dan akta baik kelahiran maupun kematian.

LASALMAN merupakan inovasi layanan yang berbasis IT (online) yang menggunakan sistem online dengan memberikan layanan mobile service.

"Untuk saat ini kita bergerak di dua desa yang ada di dlkecamatan tobadak dan untuk jangka panjang nantinya kita akan sasar semua desa di 5 kecamatan se kabupaten Mamuju Tegah," tutup Irawati. (jml)

Related

MATENG 7319335875969981629

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini