3.000 Ton Palm Kernel Asal Sulbar di Kirim ke Gresik


MAMUJU,FMS- Sulawesi Barat (Sulbar) merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di kawasan timur Indonesia sehingga komoditas pertanian tersebut memiliki peranan penting dalam kegiatan perekonomian di Provinsi Sulawesi Barat, salah satu bagian dari kelapa sawit yang masih bisa diolah kembali yaitu Palm Kernel atau Inti Kelapa Sawit. 

Baru-baru ini Karantina Pertanian Mamuju kembali melakukan pengawasan terhadap proses pemuatan palm kernel sebanyak 3.000 ton asal Sulbar yang akan diberangkatkan ke Gresik, Jawa Timur melalui Pelabuhan Bonemanjeng menggunakan alat angkut KM Maritim Trans, Minggu (20/6/2021). 

Pejabat Analisis Karantinaan Tumbuhan kantor Pertanian Mamuju, Instiarni mengungkapkan bahwa target pemeriksaan di lapangan untuk memastikan tak ada organisme Sexava Coriacea pada Inti Kelapa Sawit. 

 "Kami tidak menemukan organisme tersebut pada media pembawa, kami juga telah memastikan gudang produksi terbebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), dan dinyatakan layak untuk dilalulintaskan ke Gresik" jelasnya.

Menurutnya Palm Kernel tersebut dikirim oleh PT. UWTL dengan nilai ekonomis mencapai Rp 4,2 miliar dan turunan sawit tersebut biasanya diolah kembali menjadi RBD Palm Kernel Oil.(Awal).

Related

MAMUJU 8803664929681632535

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini