Pemkab Mamuju Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya


MAMUJU,FMS- Bupati Mamuju Sutinah Suhardi menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori Madya, dan menjadi satu-satunya kabupaten di Sulawesi Barat yang mendapat kategori tersebut.

“Alhamdulillah Kabupaten Mamuju mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Madya  ini merupakan penghargaan pertama untuk Kabupaten Mamuju dan kita satu tingkat lebih diatas dibandingkan Kabupaten lain di Sulawesi Barat” ujar Sutinah setelah acara APE 2020 yang digelar secara virtual.

Dengan mendapatkan penghargaan tersebut, Bupati Mamuju berharap dapat dijadikan sebagai dorongan semangat sehingga Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam upaya kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG) lebih ditingkatkan lagi kedepannya.

“kita berharap bisa meningkat lagi tahun mendatang atau minimal bisa kita pertahankan kategori penghargaan ini” sebut Sutinah.

Tak lupa, Bupati juga mengingatkan bahwa strategi PUG bukan hanya tugas dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak saja akan tetapi tugas semua Instansi dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju .

Melalui kesempatan tersebut juga, Bupati meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mamuju untuk bisa memasukkan responsive gender dalam program dan kegiatan di Instansi masing-masing.

Untuk diketahui,  APE merupakan bentuk penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas komitmen dan peran para pimpinan dan stake holder Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Berdasarkan keterangan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspa Yoga, APE tahun 2020 sejatinya dilakukan ditahun 2020 karena adanya pandemi covid-19 kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (13 Oktober 2021).

“APE diberikan dua tahun sekali, yang diberikan kepada Kementrian dan Lembaga-lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah yang memberikan perhatian khusus terhadap pengarus utamaan gender” ungkap Menteri PPPA.

Dalam pelaksanaan APE 2020, sebanyak 13 Kementrian dan Lembaga, 29 Pemerintah Provinsi dan 200 lebih Pemerintah Kabupaten dan Kota yang menerima penghargaan tersebut.

Untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Majene, Kabupaten Polewali Mandar menerima APE kategori Pratama dan Kabupaten Mamuju menerima Kategori Madya yang merupakan kategori satu tingkat diatas kategori Pratama. Adapun Kategori dalam APE 2020 yaitu Pratama, Madya, Utama dan Mentor.(Awal).

Related

MAMUJU 8922113762051049408

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini