Jadi Langganan Pelaksana Harian Sekda, Kain Lotong Berpeluang Jadi Sekda Mamasa


MAMASA, FMS--Sekretaris Daerah (Sekda) Mamasa, Ardiansyah beberapa waktu lalu dilantik menjadi Sekda Majene. Akibatnya, posisi jabatan Sekda Mamasa mengalami kekosongan.

Tentu, jabatan Sekda ini kembali ramai diperbincangkan, mengingat posisi tersebut sangat strategis dalam pemerintahan kabupaten.

Sejumlah nama kepala dinas (Kadis) bermunculan, antara lain Yohanis (Kepala Inspektorat), Daud Tandi Arruan (Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Hermin Lululangi (Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja), dan H. Muh. Syukur (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan).

Selain itu, salah satu nama yang memiliki peluang besar adalah Kain Lotong. Beliau saat ini menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekretariat Daerah Mamasa.

Bung Kain Lotong Sembe, begitu namanya akrab disapa sudah sangat familiar dengan jabatan Sekda. Betapa tidak, Ia sering ditinjuk sebagai pelaksana harian (Plh) jika Sekda sedang keluar daerah.

"Untuk saat ini setelah Sekda (Ardiansyah, red) ke Majene, saya sudah dua kali ditunjuk sebagai Plh. Sekda. Tapi tahun lalu juga saya biasa jadi Plh. Sekda," katanya, Senin (15/11).

Soal kesiapannya ikut melamar untuk jabatan tersebut, Ia mengatakan jika merujuk pada persyaratan, dirinya optimis untuk berkompetisi.

"Kita lihat persyaratan, tapi sepertinya kalau melihat persyaratan yang ada saat ini, ya memungkinkan kita ikut. Tapi kita lihat perkembangan lah," katanya sambil tersenyum.

Setelah masa Plh. Sekda selesai, Bupati Mamasa akan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Sekda. Untuk mengisi jabatan Plt. Sekda, Ia menyampaikan pimpinan (bupati, red) menginginkan agar diisi oleh pejabat yang tidak ikut berkompetisi memperebutkan jabatan Sekda nantinya.

"Yang sempat disebut itu, yang diperkirakan tidak ikut berkompetisi, itu penjelasan beliau. Ya tapi nantilah kita lihat SKnya Plt karena beliau nantinya akan berkonsultasi dengan gubernur," ucapnya.

Mengenai kesiapannya secara administrasi dan jenjang jabatan, Ia hanya berseloroh singkat. "Ya kita lihat perkembangan nanti toh," ujarnya singkat sambil kembali sumringah dan berlalu.

Ditempat yang sama, Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi yang diwawancara terkait kekosongan jabatan Sekda menyampaikan bahwa Plh. Sekda saat ini diisi oleh Asisten I, Kain Lotong. Namun itu jangka waktunya hanya satu minggu.

"Lalu atas persetujuan gubernur saya menunjuk Plt selama tiga bulan untuk menunggu Sekda defenitif," ucapnya.

Ia berharap dalam jangka waktu tiga bulan itu sudah ada Sekda defenitif yang menjabat. "Pasti akan ada lelang jabatan, secepatnya. Mungkin dalam bulan Desember itu sudah ada," harapnya.

Ramlan menambahkan semua pejabat yang memenuhi syarat berpeluang untuk ikut lelang jabatan nantinya. Termasuk jika ada pejabat dari luar Kabupaten Mamasa, hal itu juga dimungkinkan.

"Semua yang pintar dan memenuhi syarat berpeluang ikut. Termasuk pejabat dari luar Mamasa boleh ikut," tambahnya. (Kedi)

Related

MAMASA 8697204515395863352

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini