Bentuk Transparansi Pemerintah Kepada Masyarakat, Lurah Mambi Luncurkan Sidak MA


Mamasa, FMS--Niat hati untuk meningkatkan pelayanan dan transparansi kepada masyarakat, mendorong Kepala Kelurahan (Lurah) Mambi meluncurkan sebuah program aksi perubahan dengan nama Sistem Informasi Desa dan Kelurahan Mambi (Sidak MA), 

Aplikasi tersebut diluncurkan sebagai bagian dari tugas selaku peserta Latihan Kepemimpinan Administrator angkatan I tahun 2022, Sabtu (11/6).

Dalam pemaparannya, Lurah Mambi, Arwin Wijaya menuturkan aplikasi Sidak MA merupakan inovasi yang dibuat guna meningkatkan kualitas pelayanan berbasis elektronik kepada masyarakat.

"Di era digital saat ini penggunaan IT merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan," tuturnya.

Ia mengatakan setiap masyarakat nantinya dapat mengakses website tersebut dan menyampaikan masukan serta aduan, bahkan dapat memberikan usulan rencana program pembangunan.

Aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan semua desa/kelurahan dan kecamatan, sehingga pemerintah dapat mengontrol dan menampung aspirasi masyarakat.

"Didalamnya juga terdapat informasi publik, seperti informasi keuangan dan program lainnya sebagai bagian dari transparansi pemerintah kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan pemerintah daerah juga sangat mendukung aksi perubahan ini, yang dinilai merupakan terobosan baru di Kabupaten Mamasa.

"Pemerintah daerah mengatakan program ini akan menjadi salah satu pertimbangan di tahun 2023 utuk diterapkan di semua desa dan kelurahan se-Kabupaten Mamasa," jelasnya.

Ia menjelaskan inovasi seperti ini dapat mendorong pemerintah lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan tidak terjebak hanya pada rutinitas semata.

SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di era saat ini merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan adanya SPBE akan meminimalkan terjadinya praktek korupsi dan pungli dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini indeks SPBE Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat,  termasuk di Mamasa masih sangat rendah. Sehingga program ini membuat pemerintah semakin menyadari penggunaan digitalisasi dalam pelayanan merupakan hal yang sangat penting.

"Sidak MA memungkinkan setiap warga yang ada di Kelurahan Mambi ataupun di desa yang juga mempunyai sistem yang sama itu bisa memberikan layanan persuratan berbasis elektronik. Termasuk masyarakat yang ada diluar Kelurahan Mambi juga dapat mengaksesnya" jelasnya.

Ia menambahkan program ini juga dapat meminimalisir penggunaan kertas. "Sehingga semua surat yang digunakan tidak perlu lagi diarsipkan secara manual, tetapi sudah tersimpan dalam website," tambahnya. (klp)

Related

MAMASA 7803082482245948317

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini