Menghijaukan Lingkungan, PT. Surya Raya Lestari 2, Gagas Astra Hijau Di Desa Babana


MATENG, FMS -  PT. Suryaraya Lestari (SLR) 2 berkomitmen untuk menerapkanan  pemeliharaan, pengembangan, perbaikan, dan pengelolaan lingkungan hidup. 

Kegiatan itu bertujuan untuk meminimalisir dampak lingkungan negatif, dan mengembangkan pengaruh positif, serta memanfaatkan sumber daya alam dan manusia melalui program Astra Hijau.

Astra Hijau yang digagas PT. SRL 2, bekerjasama pemerintah Desa Babana, Kecamatan Budong- Budong, Mamuju Tengah (Mateng).

Kader lingkungan yang melibatkan sekira 30 ibu PKK di Desa Babana, telah dibentuk ditiga dusun yang nantinya sebagai agen perubahan untuk mewujudkan Desa yang hijau dan sehat, melalui binaan Departemen Education Social Engagement, PT SLR 2.

Kegiatan dimaksud untuk menghijaukan lingkungan, seperti penanaman bunga dan pohon pelindung, pembuatan kebun sayur mayur, serta toga untuk ketahanan pangan di desa.

Selain itu, kader lingkungan juga akan bergerak dibidang pengelolaan sampah plastik dalam bentuk karya yang bernilai jual. 

Kader yang telah terbentuk, nantinya menjadi ujung tombak dalam mengkampanyekan dan menggalakkan program penghijauan melalui Gerakan Peduli Lingkungan (GERLING).

Termasuk program kebersihan lingkungan melalui Gerakan Kurangi Sampah Plastik (GERAK SAPA) serta Program Pengelolaan Sampah Terpadu (PPST) dengan 5 R (Refine, Reduce, Reuse, Recycle, Recovery).

Kepala Desa, Arifuddin Adhyn Achmad didampingi Ketua BPD Desa Babana,  menyampaikan apresiasinya kepada PT. SRL 2, atas kepedulian dan perhatian pihak perusahaan dalam program CSR yang telah dijalankan di desanya.

“Saya, selaku pemerintah Desa Babana menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Suryaraya Lestari 2 yang tak henti-hentinya memberikan perhatian dan kontribusi di Desa Babana ini" kata Arifuddin dalam sambutannya. Jumat 1 juli 2022 di aula kantor desa Babana. 

Kades menambahkan, kader lingkungan yang dibentuk, nantinya akan dibina dalam kegiatan program kelestarian lingkungan desa, yang diawali budidaya sayur mayur di kebun yang ada di tiga dusun wilayah desa. 

Ia berharap, kader lingkungan dapat memaksimalkan bantuan dari pihak perusahaan dan nantinya akan diteruskan kepada ibu kader yang lain.

"Semoga program selanjutnya dapat dikelola dengan baik dan berkesinambungan," harap Kades Babana

Hal serupa disampaikan salah seorang kader lingkungan Hj. Hasnawiah.  Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada PT. SRL 2 atas program Astra Hijau. 

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 2 karena telah melibatkan kami dan ibu-ibu lainnya sebagai kader lingkungan. Semoga dapat menjadi kader pembaharu dalam menciptakan lingkungan desa Babana yang asri dan lestari." ungkapnya.

Person in Charge (PIC) program CSR, Andi Ibrahim menjelaskan, program Astra Hijau ini adalah salah satu program 4 pilar CSR perusahan.

Penghijauan merupakan bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan PT. SRL 2 dalam bidang lingkungan di desa binaan perusahaan.

"Alhamdulillah, hasil diskusi saya dengan bapak Kepala Desa Babana terkait program Astra Hijau mendapat respon dan dukungan yang positif dari beliau sehingga hari ini kami dapat membentuk kader lingkungan yang melibatkan ibu PKK," jelas Andi Ibrahim.

Ia menambahkan, program awal Astra Hijau yang sedang dijalankan saat ini yakni budidaya sayur mayur di 3 kebun dusun sebagai percontohan. 

Selain pembetukan kader lingkungan, juga dirangkaikan sosialisasi Kebijakan berkelanjutan PT. Astra Agro Lestari.  Sosialisasi kawasan hutan konservasi dan mangrove, serta satwa yang dilindungi.  Paparan materi konservasi, disampaikan PIC Konservasi area Celebes 1, Rustam. (jml)

Related

MATENG 3472949511066232635

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini