Sapi Kurban Jokowi di Sulbar Dibeli dengan Harga Rp 105 Juta

 


POLMAN,FMS.COM-Sapi kurban Presiden RI, Joko Widodo akan disembelih di Masjid Al Ikhlas Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada saat hari raya Idul Adha.

Sapi tersebut merupakan sapi terberat dengan berat 1,27 ton, merupakan sapi peternak asal Kabupaten (Polman) dan saat ini di Karantina peternak di Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Sulbar, Muchtar mengatakan, kondisi sapi dipastikan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dan tim juga terus memantau kondisi dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.  

"Dua hari sebelum Idul Adha dibawa ke Mamuju, kita mau pemerataan sehingga tahun ini di bagi di Mamuju, di Masjid Al-Ikhlas, Mamuju," tutur Muchtar, usai melakukan rapat membahas Sapi Kurban Presiden, di Rujab Gubernur Sulbar, Selasa (5/7/2022).

Muchtar berharap, ini menjadi motivasi bagi peternak sehingga ke depan ternaknya dapat terpilih sebagai sapi kurban Presiden. Diketahui, sapi kurban presiden tahun ini senilai Rp 105 juta. 

Ahmad pemilik sapi menyebutkan bahwa sapi miliknya dibelikan Joko Widodo  dengan harga Rp 105 juta. 

"Besok berita acara serah terima, mungkin sekalian  pembayarannya. Karena ada juga Sekretariat Presiden besok ke rumah," ujarnya.

Kasubag Bina Mental Spritual Biro Kesra Sulbar, Makdum Ibrahim tersebut menambahkan bahwa sistemnya nanti akan membagikan sebanyak 100 kupon kepada masyarakat penerima daging kurban, utamanya yang terdampak bencana.

Bahkan kata Makdum, para kepala  OPD Pemprov Sulbar sementara mengumpulkan sapi kurban untuk disembeli pada saat hari raya Idul Adha nanti.

"Kita hitung dulu kekuatan sapi yang terkumpul dari OPD.Kemudian kita hitung juga berapa kemampuan kupon. Tapi saat ini dasar kita untuk sapi Jokowi, kita siapkan 100 kupon. Kita akan sebar yang terdampak bencana seperti Sese, Salunangka dan  spesifik masyarakat yang ekonomi kebawah," imbuhnya.

Kepala Bidang Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Polewali Mandar, Kaharuddin mengatakan sapi tersebut dibeli dari peternak bernama Ahmad  yang tinggal di Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Sapi jumbo tersebut diberinama  Vino yang memiliki berat 1,27 ton.

"Waktu diukur beratnya 1,27 ton, sekarang sudah pasti beratnya lebih," ujarnya.(C1).

Related

POLMAN 930344331745413109

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini