Bidang PSDA Mateng, Lahirkan Inovasi BKPSDM

Kabid PSDA Mamuju Tengah, IRFAN ARISMUNANDAR S.STP

MATENG, FMS - Penataan Sumberdaya Manusia (SDM) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memliki kompetensi agar menjadi profesiaonal dalam menjalankan tugasnya. 

Kabid Pengembangan Sumber Daya Aparatur (PSDA), Irfan Arismunandar S.STp menjelasakan, suatu daerah akan maju jika ASN memiliki beberapa kompetensi. 

"Baik kompotensi tentang Teknis, Managerial, Sosial dan juga kompetensi dibidang pemerintahan," jelasnya. 

Irfan menambahkan, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), adalah daerah otonomi baru di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sehingga perlu adanya langkah kongkrit dalam menata SDM bagi ASN yang ada.

Menurutnya, Investasi SDM Aparatur Negara merupakan langkah strategis berjangka panjang dan juga berdimensi luas. Namun disaradari, jika Mateng adalah daerah yang masih memliki sejumlah kekurangan termasuk keterbatasan anggaran. 

Sehingga sebagai penanggung jawab di PSDA, dirinya membuat Inovasi Bangkom Kreation, Pengelolaan SDM berbasis keterlibatan dan partisipasi berbagai pihak. Baik permerintah, lembaga pendidikan (akademisi), lembaga masyarakat, juga berbagai sektor swasta termasuk media massa.   

"Kami berharap, dengan melalaui Inovasi ini dapat terbangun kolaborasi dari sejumlah partisipan yang ada," jelas Irfan.  Jumat (18/8)

Irfan berharap, dalam rangka menhasilkan ASN yang profesional, akan mampu menjawab tuntutan organisasi di era Vuca, industri 4.0 yang sedang berjalan yang menrutnya akan melaju ke industri 5.0.   

"Pengembangan SDM ini untuk menunjang Performe individual maupun organisasi menuju birokrasi berkelas dunia, Reformer ini adalah merupakan aksi perubahan untuk dirinya yang saat ini menjabat Kabid PSDA di Bumi Lalla' Tassisara'. (jml)

Related

MATENG 8735039358493973184

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini