Hadiri Pekan Budaya Daerah, Sekprov Sulbar Harap Pengembangan dan Pelestarian Seni Budaya Terus Dilaksanakan


MAMUJU,FMS-Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka acara Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Provinsi Sulbar Tahun 2022, di Taman Budaya dan Museum Sulbar, Buttu Ciping, Kec. Tinambung, Kab. Polman, Minggu 25 September 2022. Kegiatan itu mengusung tema "Lestarikan Budaya Kembangkan Tradisi ART dan Herritage".

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, PKD merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Sulbar ke-18 Tahun. Tujuannya untuk mengapresiasi semua karya, ide dan juga hasil olah dari putra-putri Sulbar terhadap puncak-puncak kebudayaan daerah.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya pelestarian seni dan budaya Mandar yang sarat akan makna dan nilai-nilai religi serta sosial budaya,"ucap Idris

Idris berharap, kegiatan pengembangan dan pelestarian seni budaya tetap terus dilaksanakan. Untuk itu, Dia mengajak untuk meramaikan Taman Budaya tersebut dengan kegiatan-kegiatan pendidikan dan pengembangan seni budaya.

Idris menuturkan, kebudayaan biasanya termarjinalisasi oleh zaman dan hanya bisa diselamatkan dengan adanya usaha melibatkan generasi muda.

"Anak-anak sekolah kita harus melek atau literasi kebudayaannya harus kuat. Hal ini hanya bisa dilakukan kalau kita bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk bagaimana mendokumentasi kebudayaan itu, membukukan berbagai aktivitas yang ada. Tentu itu tidak mudah, tapi  harus dimulai,"pungkasnya.

Mengenai pengembangan Kawasan Budaya dan Museum Sulbar, Ia menyatakan kedepan Kawasan Budaya dan Museum Sulbar akan dilengkapi lagi dengan membangun beberapa sarana yang lain sesuai master plan yang ada, bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar lebih mengenal seni budaya Sulbar.

"Insya Allah sarana ini akan terus dibenahi dan dikembangkan. Pembenahan dan pengembangan tentu akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran Pemprov Sulbar,"tambahnya. (Adv/Al)

Related

MAMUJU 7756272673483547083

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini