Pasca Banjir Bandang di Kalukku, Wakil Ketua DPRD Sulbar Minta Dana BTT Segera Dikucurkan


MAMUJU,FMS-Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Hatta Kainang, meminta pemerintah Pemprov Sulbar melalui BPBD serta Dinsos Provinsi Sulbar, agar segera menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Sulbar tahun 2022 yang nilainya sekitar Rp 2,9 Miliar.

“Segera Pemprov Sulbar melalui BPBD Sulbar dan Dinas Sosial Sulbar, untuk menggunakan dana BTT yang ada di dalam APBD Sulbar 2022 yang dalam realisasinya masih ada sekitar 2,9 Miliar,” kata Hatta, Kamis (13/10/2022).

Sejumlah desa yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju yakni Desa Sondoang, Desa Pamulukang, Desa Sinyonyoi dan Desa Sinyonyoi Selatan dan beberapa desa di Kecamatan Kalumpang. Pada Selasa (11/10/2022).

Menurut dia, penanganan bencana banjir harus betul – betul maksimal karena yang efeknya sangat luar biasa. Kebutuhan air bersih selimut serta makanan sangat penting bagi para korban. Lanjut dia katakan, kondisi ini harus kordinasi dengan pemerintah Kabupaten Mamuju sangat penting untuk desain pasca bencana untuk segera mendata kerusakan rumah warga untuk dilakukan penanganan lebih lanjut, agar warga yang terkena dampak banjir dapat direhabilitasi rumahnya yang rusak.

Lanjut Hatta Kainang, tindakan cepat dan tepat sangat diperlukan warga di lokasi bencana. Maka itu Dinas Sosial Provinsi harus segera membuat dapur umum dititik bencana di Kalukku.

“Selaku mitra kerja Badan Bencana,komisi IV akan melakukan pemantuaaan lebih lanjut terkait banjir di kecamatan kalukku ini,” tegas Hatta Kainang.(Adv)

Related

MAMUJU 1096266013119013048

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini