Serahkan Bentor dan Prize Bupati dan Kadis DKP Harap Produktivitas UPI Batu Pole Meningkat


Bupati Majene Andi Achmad Syukri menyerahkan 1 unit bentor kepada kelompok pengola dan pemasar UPI Batu Pole di Lingkungan Tamo, Senin (28/11/2022).


MAJENE, FMS – Bupati Majene Andi Achmad Syukri menyerahkan bangunan Unit Pengelolaan Ikan (UPI) Batu Pole di Lingkungan Tamo Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur, Senin (28/11/2022).


Andi Syukri menuturkan, Kabupaten Majene memiliki komunitas unggulan, baik dari pertanian maupun perikanan. “Di pesisir pantai Majene mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan, sehingga kita sangat mendukung keberadaan UPI Batu Pole,” tuturnya.



Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene terus berupaya meningkatkan bangunan dan fasilitasi operasional UPI Batu Pole yang nantinya akan membantu masyarakat petani ikan untuk meningkatkan perekonomian warga sehingga harga jual dan harga beli dapat terbantu dengan harga pasaran.


“Kita berharap dengan adanya UPI Batu Pole ini dapat meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi produk hasil perikanan dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah serta meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya pembudidaya ikan pengolah dan pemasarannya,” harapannya.



Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Majene Hj. Ichwanty Sudirman menjelaskan, bangunan UPI Batu Pole dikerjakan dengan kontruksi rehab melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2022 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI).


“Selain penyerahan bantuan UPI, Bupati Majene juga menyerahkan 1 unit kendaraan roda tiga atau disebut bentor serta prize dan diterima kepada kelompok pengola dan pemasar UPI Batu Pole,” terangnya.

Sementara, Kabid Penguatan Daya Saing Produk Perikanan DKP Majene Fachriadi Jossong Bachtiar menguraikan, pengelola ikan dari UPI Batu Pole beraktivitas sejak beberapa tahun, sehingga Pemkab Majene berupaya mengusulkan ke KKP untuk pembenahan bangunan serta sejumlah fasilitas yang dibutuhkan.



“Ada beberapa jenis produksi yang dibuat, diantaranya abon ikan, saronde, pupu, sambal goreng serta beberapa jenis lainnya. Untuk pemasarannya, selain di daerah lokal umumnya Sulbar juga di pasarkan di wilayah luar, seperti Makassar, Palu hingga ke Jakarta,” sebutnya.


Ia menuturkan, rehab bangunan UPI Batu Pole dilakukan dalam rangka menjawab tentang kebutuhan sentra ikan secara menyeluruh di daerah Majene. “UPI Batu Pole merupakan fasilitas pengolahan dengan komoditas ikan tawar dan ikan laut,” jelasnya.


Hadir dalam penyerahan, Kabag Humas Setda Majene, Camat Banggae Timur Lurah Baurung serta para Tokoh Masyarakat Lingkungan Tamo. (Hfd)

Related

MAJENE 3935833651146911942

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini