Arsal Aras: Selain Membina Atlet, Peran Perbakin Juga Turut Menjaga Habitat Alam

Sambutan Ketua Pengprov Perbakin Sulbar saat Muskab III Perbakin Mateng, Ahad (23/9). Foto: Jamal

MATENG, FMS - Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Sulawesi Barat, Dr H Arsal Aras menyampaikan pesan kepada anggota Perbakin agar senantiasa memberi edukasi kepada seluruh pihak tentang penggunaan senjata.  

Menurutnya, tujuan utama memiliki senjata, baik jenis api, gas atau senapan angin bukan hanya sekedar hobby berburu belaka, namun yang paling utama adalah untuk mengembangkan bakat menembak melalui organisasi resmi diajang kompetisi.

Ia berharap, pengurus perbakin dapat memberi pembinaan dan edukasi terhadap seluruh masyarakat agar lebih memahami, bahwa salah satu olah raga yang dilombakan ditingkat nasional adalah menembak. 

Hal itu disampaikan disela sambutan Ketua Pengprov Perbakin Sulbar, membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab III ) Perbakin Mamuju Tengah, di aula kantor Bupati Mateng, Minggu (24/9/2023).

"Tugas kita bersama, adalah menyampaikan kepada mayarakat tentang aturan penggunaan senjata api dan senjata angin. Selain itu, juga memberi pemahaman jika olahraga menembak tidak hanya untuk orang tertentu saja, namun secara umum," jelasnya.

Ia mengatakan, hal positif sejak adanya Perbakin di Bumi Lalla' Tassisara', perburuan liar tidak lagi marak seperti sebelumnya, hobby menembak dapat tersalur dengan berlatih ditempat yang disediakan.

Sebab itu, bagi pengurus atau anggota Perbakin baik ditingkat kabupaten maupun provinsi, diharapkan dapat memberi edukasi terhadap seluruh warga agar tidak lagi semena mena berburu hewan liar, utamanya yang termasuk hewan dilindungi.

"Karena jika perburuan liar terus dibiarkan, habitat hewan yang kita miliki akan menjadi berkurang bahkan punah," tegas Arsal

Dihadapan peserta Muskab III, Arsal menyampaikan harapan agar Pengurus Kabupaten (Pengkab) Perbakin yang ada di Sulbar segera berjalan aktif, untuk melahirkan atlet berprestasi dan dapat berkompetisi ditingkat Provinsi hingga nasional nantinya.

"Masih ada tiga Pengurus Kabupaten yang demisioner, kami berharap segera musyawarah, agar tata kelola organisasi segera berjalan dengan baik. sebagaimana visi kami Perbakin maju dan berprestasi," ucap Ketua DPRD Mateng itu. (jml)

Related

MATENG 5393767266829697771

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini