Ketua Transisi Mateng, Pastikan Hasil Perhitungan Suara Tidak Ada Kecurangan

Ketua Transisi Mateng, Risno Hamal. Foto: Jamal
MATENG, FMS - Menanggapi adanya tudingan kecurangan di sejumlah TPS Kecamatan Tobadak, Mamuju Tengah (Mateng)

Ketua Transisi Mateng, Risno Hamal angkat bicara.  Ia mengatakan dirinya menyaksikan secara langsung proses perhitungan ulang oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Empat TPS yang berlangsung Kamis, 22/2/2024) malam.

Ia meyakini, tidak menemukan adanya  tanda kecurangan, sebagaimana tudingan yang mengarah ke PPK Tobadak, sebagaimana isu adanya kecurangan di 4 TPS  Desa Batuparigi Kecamatan Tobadak pada tahapan rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024.

"Tak ada kecurangan dalam proses rekapitulasi suara dan PPK se mateng sudah sangat berkerja baik," jelas Risno

Proses penghitungan suara oleh Anggota KPPS di Kecamatan Tobadak, 14 Februari lalu.
Hal itu diyakini Risno, setelah memantau secara langsung perhitungan surat suara ulang yang dilaksanakan oleh PPK Tobadak di gor Mahahe, yang berlangsung Kamis malam.

"Rekapitulasi ini berlangsung secara terbuka. Semua saksi bisa masuk dan melihat langsung rekapitulasinya seperti apa," tambah Risno.

Menurutnya, tahapan rekapitulasi yang dilakukan PPK Tobadak secara terbuka 

"Ini memang sebagai upaya untuk mengoreksi hal-hal yang dianggap keliru dalam proses perhitungan suara di tingkat TPS dan desa. Jadi tidak ada suara yang hilang ataupun di tambah angkanya karena prosesnya sangat terbuka," jelasnya.

Menurutnya, proses yang digelar PPK sudah melalui prosedur yang ada, bahkan untuk meyakinkan tidak adanya penyimpangan, pihak panitia kecamatan juga secara live streaming di fecebook.

"Ini dilakukan panitia, untuk meyakinkan tidak ada proses pengalihan suara. Semuanya terbuka, agar peserta pemilu tidak ada yang dirugikan," tutup Risno. (jml)

Related

MATENG 6244844912571229561

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini