Kepala Desa Babana : Transparansi Penggunaan Dana Desa Wajib Diketahui Masyarakat

MATENG, FMS - Rahmat Nas, kepala Desa Babana Kecamatan Budong Budong, Mamuju Tengah, Sulbar, menyatakan bahwa transparansi penggunaan dana desa itu penting. Dengan demikian masyarakat akan memahami batas penggunaan dana desa yang telah direalisasikan di desa. 

Seperti penggunaan APBN Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016, menurut dia, wajib untuk diketahui masyarakat. Ia bersyukur sebab realisasi kedua sumber anggaran itu telah berjalan 75 persen di Desa Babana. Sementara pencairan dana desa tahap I baru mencapai 60 persen. 

Pembangunan yang sedang berjalan di desanya, menurut Kades terfokus pada pembangunan fisik dan pengadaan. Diantaranya pembangunan jalan tani empat kilometer yang dibangun terpisah di empat titik. Kemudian peningkatan jalan di empat dusun masing masing 300 meter. 

Pembangunan pantai wisata di Babana dan Liga Sebo. Selain itu pembangunan plat decker dua titik dan pembangunan Posyandu permanen di dua dusun. Lalu pengadaan tenda terowongan satu set, dan pengadaan keranda mayat. "Kita juga melaksanakan pengadaan TV kabel yang nantinya akan dikelola BUMDES Babana," jelasnya, Kamis (8/9/2016).   

Sebagian besar pembangunan dan pengadaan itu, kata Rahmat telah rampung. Itu sudah termasuk kelengkapan administrasi perkantoran dan pembayaran gaji perangkat desa di Babana. Adapun kesisahan anggaran 15 persen akan dibayarkan setelah sisa anggaran dicairkan. (jamal/riz)

Related

MATENG 4854909936041984218

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini