Gubernur ABM Lepas 20 Peserta Sandeq Race

Puluhan perahu sandeq mulai berlayar (foto: Awal/FMS)
Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Salah satu bentuk rangkaian acara peringatan HUT RI ke-72, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar untuk menggelar lomba perahu sandeq.

Ketua panitia sandeq race Hamzih mengatakan, kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 72 tahun tahun ini. Hamzih membeberkan, event ini diikuti 20 peserta dari berbagai kalangan, baik perwakilan pemerintah, masyarakat dan juga perbankan yang ada di Sulbar.

"Ada 20 perahu, dalam satu perahu terdapat 13 orang kru sandeq," ujarnya Hamzih, Kamis (17/8).

Lanjut Hamzih, selain memeriahkan HUT RI juga sebagai untuk mempromosikan wisata bahari dan kebudayaan di Sulbar. Dimana,perahu sandeq merupakan warisan  leluhur Mandar yang perlu dilestarikan.

Kegiatan sandeq race mengambil star dari pantai depan jalur arteri Mamuju dan berakhir di pantai losari Makassar. Event ini berlangsung tanggal 17 hingga 27 Agustus 2017.

"Dalam perlombaan ini kita juga libatkan Polisi Air (Polair) Sulbar dan tenaga medis untuk mengawal sampai finish. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak kita inginkan," terang Hamzih.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar yang melepas peserta lomba yang ditandai dengan letusan senjata api (pistol).Dirinya (Ali Baal Masdar red) berharap lewat event tersebut yang hampir tiap tahun diadakan selain untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat juga sebagai ajang promisi wisata bahari di Sulbar.

Dirinya berharap lewat kegiatan tersebut para wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang berkunjung ke sulbar untuk berwisata.

"Saya berharap perlombaan kedepannya lebih meriah lagi. Kalau tahun ini hanya 20 peserta yang ikut semoga event berikutnya sampai 40 peserta," harapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa, event PIFAF yang sudah beberapa kali dilaksanakan Pemkab Polman, menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia khususnya presiden Joko Widodo. Bahkan kata ABM, pemerintah pusat akan merencakan untuk memasukkan dalam kalender nasional yang akan dilaksanakan tiap tahunnya sebagai bentuk upaya untuk melestarikan kebudayaan yang ada di tanah air.

Pelepasan sandeq race kali tampak hadir pula Kapolda Sulbar Brigjen Pol Nandang, Danrem 142 Tatag Kol Inf Taufik Shobri, para pimpinan OPD dan lainnya. (awl/har)

Related

MAMUJU 4795010582887576069

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini