Rutan Majene Launching "Pas To Mas"


Majene, FMS - Pas To Mas adalah salah satu inovasi terbaru Rumah Tahanan (Rutan) Majene dalam berbakti kepada masyarakat.

Pas To Mas adalah kegiatan pelatihan bagi masyarakat dalam membuat kerajinan yang ada di dalam rutan.

Selain melaunching Pas To Mas, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Pustaka Pancing Baca dan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Kakanwil Sulbar kepada Bupati Majene, Kamis (21/3/2019).

Tak hanya itu, launching kegiatan Pas To Mas ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Majene Fahmi Massiara dan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Barat Harun Sulianto, Wakil Bupati amajene Lukman dan para unsur muspida, sekaligus penandatangan launching Pas To Mas di lapangan Rutan Majene.

"Sebenarnya program Pas To Mas berawal dari pemikiran yang sederhana, dimana pembinaan WBP di dalam rutan, kita kembangkan di masyarakat. Dengan demikian pembinaan yang dilakukan di dalam juga dapat dirasakan oleh masyarakat.  Hal ini juga sangat penting untuk memberikan bukti bahwa seorang narapidana tidak boleh diisolir atau di jauhkan, karena mereka adalah manusia biasa ketika mereka berkeinginan berubah dan berbuat yang bermanfaat sepatutnya masyarakat mendukung," jelas  Kepala Rutan Majene I Wayan Nurasta Wibawa.

Kegiatan Pas To Mas ini diprakarsai oleh Rutan Majene bersama Pemda Majene dan PT. PLN Persero Wilayah Majene.

Adapun kegiatan pembinaan industri kreatif berbasis kearifan lokal dan ramah lingkungan yanh diberikan pada masyarakat diantaranya, pelatihan membuat tutup saji, keranjang buah dan berbagai kerajinan lainnya yang berbahan utama dari lidi daun kelapa dan bahan alami lainnya.

Kegatan tersebut dilaksanakan di rumah kreatif PLN.

Tak hanya itu, I Wayan Nurasta Wibawa juga mengajak para masyarakat dan pejabat pemda untuk mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan Pas To Mas.

"Kami mengajak kepada Pemda Majene, para camat, lurah dan kepala lingkungan untuk mendukung program ini. Karena program ini mengangkat kearifan lokal Majene. Ini menjadi kebanggaan kita semua seluruh masyarakat Majene," kunci I Wayan.

(Muh. Irham)

BERITA LAINNYA

MAJENE 1356631065632490019

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item