Kapolda Sulbar: Konsep Keluarga Sangat Efektif di Negeri Kita


Majene, FMS - Negara kita sangat dinamis yang digelar zambrud katulistiwa karena tanah yang subur dan kekayaan yang melimpah ditambah lagi bahasa dan suku yang beraneka ragam. Oleh sebab itu pemahaman bela negara (nasionalisme) sangat penting untuk terus ditumbuhkan.

Bela negara tidak hanya sebatas mengangkat senjata namun menjaga kelangsungan bernegara dengan memelihara keamanan dan ketertiban tetap kondusif adalah salah satu bagian dari bela negara.

Bela negara adalah spektrum yang sangat luas, dimulai dari upaya untuk membangun kehidupan sosial yang harmonis, rukun, saling menghormati (menghormati perbedaan), sampai dengan tindakan menangkal ancaman serangan musuh bersenjata yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri demi untuk melindungi kedaulatan bangsa dan negara.

Bela Negara bukan hanya tanggung jawab Pemerintah dan TNI/Polri saja melainkan juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat termasuk mahasiswa sehingga dalam perjalanannya lahir organisasi atau satuan tugas yang membantu Pemerintah dan TNI /POLRI dalam menjaga kamtibmas.

Menciptakan negara yang baik itu dimulai dari individu dan kerukunan keluarga, karena konsep efektif menjaga negara ini ada dalam keharmonisan keluarga.

Demikian disampaikan Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diselenggarakan oleh Universitas Sekokah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene.

Kegiatan yang berlangsung di lantai dasar Masjid Ilaikal Masir Majene ini, Jumat (30/8/2019), juga dihadiri langsung oleh Kapolres Majene, para asisten dan wakil kampus, para tenaga pengajar dan seluruh mahasiswa baru dengan jumlah 1025 orang.

Dalam materi yang disampaikannya, Kapolda juga menyebutkan dasar hukum untuk bela negara salah satunya adalah UU Tahun 1945, Pasal 27 ayat 3, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Disamping itu, ada 4 poin penting kenapa bela negara itu sangat penting yaitu untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman, untuk menjaga keutuhan negara, merupakan panggilan sejarah, merupakan kewajiban setiap warga negara.

Tak hanya itu, ada lima unsur dan nilai-nilai yang harus ditanamkan dalam setiap pribadi yang mengaku sebagai warga negara yang tercinta ini yaitu NKRI, sebagai berikut :

1. Memiliki jiwa cinta tanah air

2. Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara

3. Meyakini bahwa pancasila merupakan indeologi negara

4. Rela berkorban demi kesejahteraan bangsa dan negara

5. Mempunyai keahlian awal bela negara

Kewajiban bela negara sudah menjadi tanggung jawab setiap insan masyarakat sejak lahir.

Kapolda juga mengungkapkan berbagai harapannya terkait belah negara yaitu terwujudnya community policing, lima pilar Sulbar (bhabinkamtibmas - kepala desa - babinsa - penyuluhan agama), masyarakat mala’bi dan adanya peran mahasiswa dalam memelihara dan menjaga negeri ini dari berbagai ancaman.

Diakhir kesempatannya, untuk memotivasi semangat menuntut ilmu para mahasiswa, Kapolda juga berbagai pengalaman yang harus dilaluinya dengan susah payah hingga menuai buahnya saat ini.

Intinya sukses itu hanya bisa diraih dengan kerja keras, doa serta menjaga ridho orang tua dan mengutamakan ibadah dari apapun itu, Tandas Kapolda.

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan diskusi sebagai upaya untuk mengatasi segala ancaman seperti radikalisme maupun terorisme. 

Sementara itu, pihak kampus STAIN Majene mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan Kapolda Sulbar dalam memberikan pembinaan serta wawasan kebangsaan dengan harapan akan mewujudkan para generasi yang gemilang dan jauh dari radikalisme. 

(Jaya)

BERITA LAINNYA

MAJENE 5347701955578607032

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item