Operasi Disiplin Bidik Kendaraan Over Kapasitas

Kadishub Mateng Sigit Dwihastono memberi arahan saat membuka operasi gabungan, Kamis (28/11/2019)

MATENG, FMS -- Operasi peningkatkan disiplin dan pengendalian lalulintas jalan raya yang digelar Dinas Perhubungan Mateng siang tadi, fokus memeriksa kendaraan yang tidak memenuhi standar.   

Kepala Bidang LLAJ dan Angkutan Salman mengatakan, operasi ini melibatkan kepolisian setempat, penguji kelayakan Mamuju serta personel Dishub Mateng. Tujuannya tidak berbeda kegiatan sebelumnya, yakni bersosialisasi tentang keselamatan pengguna jalan. Pemeriksaan kali ini dikhususkan pada mobil angkutan yang tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan dan tidak menggunakan menutup.

Petugas Kepolisian menghentikan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm
, Kamis (28/11/2019)

"Kita juga periksa kendaraan yang tidak sesuai standar," kata Salman disela operasi di jalan Trans Sulawesi Desa Tabolang Kecamatan Topoyo, Kamis (28/11). 

Selain itu, petugas juga menjaring pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Mereka diberikan pemahan tentang keselamatan berlalulintas.

"Kali ini kita fokus memeriksa masa berlaku kartu uji kendaraan, over beban muatan serta over dimensi yang tidak sesuai ukuran standar. Kendaraan juga diharuskan pakai penutup," jelas Salman.

Kendaraan yang ditemukan melanggar, kata Salman belum diberikan tindakan. Namun masa uji card yang masa berlakunya habis, perpanjangannya akan dilayani ditempat oleh tim penguji.

Pengukuran truk jangan sampai melebihi volume angkut.  

"Kami masih sebatas sosialisasi dan melayani perpanjangan uji card kendaraan. Soal pelanggaran lain diserahkan ke kepolisian untuk penindakan," tutupnya.

Kepala Dishub Mateng Sigit Dwihastono mengatakan, operasi gabungan dilaksanakan demi kepentingan keselamatan pengguna jalan. sebab itu tim gabungan akan bertugas sesuai tupoksi masing-masing.

"Operasi ini berlangsung sehari," singkatnya. (jml/riz)

Related

MATENG 6885682135643669754

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini