Silpa APBD 2019 Kabupaten Mamasa Rp15,6 Miliar, Sudah Ada Peruntukannya

MAMASA, FMS--Rapat paripurna pendapat akhir Fraksi DPRD Mamasa terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mamasa tahun 2019.

Yang menarik dalam paripurna adalah masih terdapatnya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran  (Silpa) tahun 2019 yang cukup besar, yakni sebesar Rp. 15.658.232.047,35.

Tentu hal ini mengejutkan, pasalnya Silpa tersebut tertinggi dalam beberapa tahun anggaran terakhir. Bahkan dalam catatan awak media, di tahun 2017 Silpa tahun berjalan APBD Kabupaten Mamasa Rp. 0.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi saat diwawancara usai paripurna, Rabu (22/7) mengatakan terjadinya kelebihan anggaran dikarenakan terdapat sejumlah kegiatan yang telah dianggarkan namun belum berjalan.

"Misalnya dana bencana, itu sudah dianggarakan namun belum berjalan. Selebihnya ada yang dalam proses, bahkan ada yang sedang dalam proses tender," katanya.

Pastinya, dirinya meyakinkan bahwa semua anggaran yang belum terserap itu masih ada dalam kas keuangan daerah.

Dijelaskan sebenarnya anggaran tersebut adalah anggaran habis, hanya saja belum dibelanjakan. Dan seluruh anggaran tersebut akan dimasukkan dalam anggaran perubahan tahun 2020.

"Untuk penggunaannya itu semua sudah ada kegiatannya, itu bisa dilihat rinciannya di badan perencanaan daerah atau badan pengelola keuangan," jelasnya.

Ramlan menampik bahwa besarnya Silpa anggaran APBD tahun 2019 karena tidak maksimalnya penyerapan anggaran oleh dinas terkait. (klp)

Related

MAMASA 5923632111343276385

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini