Dukung Mamasa Penghasil Kopi, Pemdes Bambangbuda Bagikan Bibit Kopi Lampung


MAMASA, FMS--Sebanyak 30.000 pohon bibit kopi robusta jenis Kopi Lampung akan dibagikan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bambangbuda kepada seluruh masyarakatnya. 

Kopi tersebut merupakan pengadaan Pemdes yang pembiayaannya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2021.

Pengadaan bibit kopi tersebut dipercayakan kepada CV. Wahyuni Mandiri yang beralamat di Desa Kurrak, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar. Perusahaan tersebut memang terkenal sebagai salah satu rekanan perusahaan penyedia bibit kopi robusta jenis Kopi Lampung yang telah bersertifikat.

Rencananya setiap kepala keluarga (KK) akan mendapatkan 115 pohon bibit kopi yang harus ditanam di kebun masing-masing.

Kepala desa Bambangbuda, Alpinus saat diwawancara, Sabtu (10/7) mengatakan untuk tahap pertama ini sebanyak 10.000 bibit pohon kopi telah tiba dan dibagikan kepada masyarakat.

"Baru 10.000 yang tiba, sisanya akan bertahap diantarkan oleh pihak penyedia bibit," katanya.

Saat membagikan kopi kepada masyarakat, Ia berharap agar masyarakat betul-betul menanam dan merawat kopi yang dibagikan sehingga kedepan akan menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat.

Soal legalitas penyalur kopi yang bermitra dengan desanya, Ia menyampaikan pihaknya telah mengecek legalitas perusahaan sebelum bermitra.

"Kami sudah cek apakah dokumen perusahaan dan bibit yang disalurkan bersertifikat atau tidak, dan pihak penyedia sudah meyakinkan bahwa usaha yang mereka jalankan itu legal yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen pendukung," ucapnya.

Ia menambahkan program pengadaan bibi kopi bagi masyarakat desanya itu juga merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah kabupaten yang terus menggalakkan Mamasa sebagai sentra kopi terbesar di Sulawesi Barat. (Kedi)

Related

MAMASA 6510483482445451021

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini