Kopi Kampoeng Ekspor Kopi Arabika Mamasa Ke Korea Selatan


MAMASA, FMS--Salah satu koperasi lokal Mamasa yang berkonsentrasi pada pemasaran hasil pertanian Kopi Mamasa berhasil melakukan ekspor perdana ke Korea Selatan, Selasa (26/10).

Pada ekspor perdana Kopi Mamasa ini, sebanyak 18 ton dikirim Koperasi Produsen Kopi Kampoeng Mamasa ke Negari Gingseng dari Pelabuhan Peti Kemas Makassar. Biji kopi yang dieskpor adalah Kopi Arabika Mamasa

Ekspor perdana yang dilakukan tersebut merupakan program kerjasama antara Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Barat, Dewan Pimpinan Cabang HIPMI Mamasa dengan Koperasi Produsen Kopi Kampoeng Mamasa.

Ketua Koperasi Produsen Kopi Kampoeng Mamasa, Yakub Tato mengatakan biji kopi yang diekspor merupakan hasil dari petani kopi yang ada di Mamasa.

"Semua biji kopi yang kita ekspor ini merupakan hasil pertanian para petani kopi di Mamasa dan merupakan kopi asli Mamasa," katanya.

Ia menjelaskan kerjasama yang dibangun dengan pihak perusahaan asal Korea tidak terlepas dari kepercayaan mereka pada kualitas biji Kopi Mamasa.

Kerjasama yang dibangun kemungkinan dapat terus dilakukan kedepannya. "Mereka tertarik pada Kopi Mamasa, kedepannya permintaan dari rekanan akan berusaha dipenuhi semampunya kita," jelasnya.

Ia menambahkan untuk memastikan kualitas Kopi Mamasa yang dipasarkan tetap berada pada standar kebutuhan pasar internasional, Koperasi Produsen Kopi Kampoeng Mamasa berkomitmen untuk terus membina petani kopi yang ada di Mamasa, mulai dari pemilihan bibit berkualitas, penanaman, pemeliharaan, hingga pengolahan hasil untuk dipasarkan.

"Kami saat ini punya sekitar 500 kepala keluarga petani kopi plasma binaan," tambahnya.

Sebagai informasi, Koperasi Produsen Kopi Kampoeng Mamasa kerap mengikuti kontes kopi skala nasional untuk mempromosikan Kopi Mamasa.

Hasinya, berhasil meraih juara pada sejumlah kontes nasional kopi jenis arabika. Terakhir di tahun ini, Koperasi Produsen Kopi Kampoeng masih masuk 15 besar kontes nasional kopi arabika. (Kedi)

Related

MAMASA 1535776506845523820

Post a Comment

  1. Cukup membanggakan kopiArabika MamMama tembus pasar Internasional, namun perlu waspada terhdp hama penggerek buah yg mengotori biji dan menurunkan kualitas, Krn muncul spesies baru PBK kopi.

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini