Tinjau Tahapan Tes Tertulis Balon Kades: Ini Pesan Ketua DPRD Mateng

Bupati Mateng H Aras Tammauni (kanan) bersama Ketua DPRD H Arsal Aras (kiri) tinjau proses tes tertulis Bacalon Kades.

MATENG, FMS - Peserta Bakal Calon (Balon) Kepala Desa se Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) mengikuti tes tertulis, Selasa (5/10) siang.

Untuk memastikan jalannya tes tertulis yang berlangsung siang tadi, Bupati H Aras Tammauni bersama putranya, yang tak lain Ketua DPRD Mateng H Arsal Aras  turut meninjau langsung proses tahapan awal bagi 168 peserta Balon Kades di Bumi Lalla Tassisara.

Ketua DPRD Mateng berharap, peserta dapat mengikuti seluruh tahapan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang tetapkan. 

Menurutnya hasil yang diperoleh akan mentukan nilai bagi peserta yang akan lolos dan ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa untuk ikut serta dalam proses pemilihan nantinya. " Tetapi hasil seluruhnya adalah hak dan wewenang panitia, kami hanya sekedar meninjau jalannya proses," jelas Arsal melalui pesan WhatsAap.  

Ia berpesan agar siapapun nantinya yang lolos dan terpilih sebagai kepala desa, agar dapat bersinergi dalam bingkai Lalla' Tassisara'.

"Begitupun yang belum terpilih, tentusaja kita berharap agar tetap bersama untuk membangun daerah Mamuju Tengah yang cintai," tambahnya.

Dikonfimasi, Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Mateng, Sujarno mengatakan, peserta Balon Kades yang ikut serta dalam proses tahapan tes tertulis sebanyak 168 peserta.

Namun untuk menghindari kerumunan dimasa pandemi Covid 19 peserta terbagi didua tempat berbeda, yakni SMP 5 tobadak diikuti 63 orang, sementara di SMP 6 Topoyo sebanyak105 peserta.

Ia menjelaskan dasar utama pelaksanaan tahapan pilkades sesuai Permendagri 72 Tahun 2020, Perubahan kedua atas Permendagri nomor 112 tahun 2014 Tentang pemilihan Kepala Desa.

Kususnya pada Bab IIIA, tentang Pemilihan Kepala Desa dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Diese 2019 dan Perbup Nomor 9 tahun 2021 tentang Petunjuk teknis pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.

"Untuk tes terulis sudah selesai dan tahapan selanjutnya mulai besok akan berlangsung tes wawancara selama tiga hari, " jelas Sujarno melalui sambungan televon seluler. (jml)

Related

MATENG 4493120795480395390

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini