Dandim 1418/Mamuju Terjun Langsung Bersihkan Material Longsor

 


MAMUJU,FMS-Komandan  Distrik Militer (Dandim) Kodim 1418/Mamuju, Kolonel Inf Tri Aji Sartono turun langsung membantu proses pembersihan material longsor yang menutupi ruas jalan Trans Sulawesi Mamuju-Majene , pada Jumat (12/11/2021) malam.

Dandim 1418/Mamuju Letkol Inf Tri Aji Sartono mengatakan, empat alat berat yang diturunkan milik perusahaan KMP  yang digunakan untuk membersihkan material longsor yang menutup ruas jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Botteng dan Desa Takandeang, Kabupaten Mamuju.

"Alat berat yang digunakan ada empat dari KMP," katanya, Sabtu (13/11/2021).

Dikatakan ada tujuh titik longsor sepanjang jalan trans Sulawesi , namun yang parah ada tiga titik yang sementara dalam pengerjaan sejak pukul 7 pagi.

"Ada tiga titik longsor yang parah sementara dikerjakan," ujarnya.

Longsor tersebut mengakibatkan antrean panjang kendaraan sepanjang 10 kilometer karena tak dapat dilintasi karena tertutup material tanah dan juga kondisi jalan licin dan berlumpur.

Ia mengimbau seluruh jajaran dari Kodim sampai Koramil harus siaga untuk mengantisipasi terjadinya bencana di wilayahnya masing-masing . Pasalnya karena sudah masuk musim penghujan, ditamba lagi adanya penomena alam La Nina yang memicu meningkatnya intensitas curah hujan sebagian besar diwilayah Indonesia khususnya di Sulbar.

“Semua personel harus memantau kondisi di wilayahnya. Khususnya di daerah-daerah rawan bencana yang dekat dengan pemukiman,” ujarnya.

Komandan Koramil harus berkoordinasi dengan pemerintah setempat jika terjadi bencana untuk melakukan penanganan,” sambungnya.

Yanton, warga Mamuju yang sementara melakukan perjalanan ke Makassar mengaku sejak semalam ia terjebak di Desa Botteng, Kecamatan Simboro, Mamuju Karena tak dapat melintas akibat terjebak longsor.

“Sudah bisa kendaraan melintas karena sudah dikeruk material longsor yang menutupi ruas jalan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, meski jalan Trans Sulawesi Mamuju-Majene sudah  bisa dilalui, namun pengendara dihimbau berhati-hati saat melintas. Pasalnya selain antrean panjang juga kondisi jalan licin dan berlumpur.(Awal).

Related

MAMUJU 5815779107299056753

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini