ABM: Tanggul Pemecah Ombak di Bala-Balakang Tahun Ini Akan Dikerjakan


MAMUJU,FMS-Masyarakat Kepulauan Bala-Balakang akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya tahun ini Pemerintah Provinsi Sulbar akan membangun pemecah ombak yang selama ini dikeluhkan.

"Insya Allah tahun ini kita kerjakan," kata Ali Baal Masdar disela-sela meresmikan rumah singga bagi pelajar Bala-Balakang, Rabu (11/5).

Pulau Bala-Balakang berada dalam wilayah Kabupaten Mamuju yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk anggaran, kata Ali Baal bersumber dari APBN sekitar Rp 25  Miliar hingga  Rp 30 miliar.

"Kan ada 11 disana yang akan kita tanggul, kalau bisa 5 kita tanggul. Kalau tidak bisa, ya 3 dulu yang penting bagus pengerjaannya," ujarnya.

Disebutkan nantinya titik yang akan dibangu tanggul pemecah  ombak yakni di Pulau Balabalakang, Salissingan dan Pepoongan.

Selain tanggul, kata Ali Baal Masdar juga telah membangun tiga dermaga, jaringan listrik, PDAM, dan jaringan internet untuk memudahkan masyarakat yang berada di pulau terluar Sulbar tersebut.

"Tinggal kita mau cari pengembang pariwisatanya untuk bisa masuk. Bahkan rencana kami untuk memanggil investor membuat penyulingan gas dan minyak," sambungnya.

Senada dikatakan  Kepala Dinas PUPR Sulbar Muh Aksan mengatakan, bahwa gubernur sementara berkordinasi dengan BNPB untuk penganggaran pembangunan tanggul di pulau Bala-Balakang, Pepoongan dan Salissingan.

"Mudah-mudahan tahun ini terealisasi," imbuhnya.

Sementara Camat Pulau Bala-Balakang, Sunarjo mengaku berterima kasih atas kepedulian Gubernur Sulbar.

"Memang yang selama ini menjadi jeritan bagi warga kami karena hampir setiap tahun itu pulau-pulau yang ada disana terkikis (abrasi) satu sampai dua meter pertahun. Ketika itu sampai berpuluh-puluh tahun itu bisa sampai 10-20 meter habis. Lambat laun pulau tersebut akan hilang," ujarnya 

Sunarjo berharap pemerintah provinsi dan kabupaten terus bersinergi kedepannya, agar ada perhatian bagi masyarakat yang tinggal di pulau Bala-balakang.

"Kita berharap ada perhatian terus menerus kepada warga kami yang ada dikepulauan Bala-balakang," harapnya (Adv/C1).

Related

MAMUJU 1270670268736215191

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini