LPTQ Diminta Lebih Serius Membentuk Qari-Hafiz


AKMAL MALIK ( Penjabat Gubernur Sulbar ))


MAMUJU, FMS - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sulbar diminta lebih serius lagi dalam melakukan pembinaan generasi qari dan penghafal atau hafiz Alquran.

Salah satunya yang penting dijalankan adalah bagaimana meningkatkan kerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk menggali dan mengembangkan generasi potensial.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik saat membuka Audisi Ramadan cabang Tilawah dan Hifdzil Quran di Masjid Baitul Anwar, kompleks gubernuran Sulbar di Mamuju, Jumat 14 April.

Ia mengatakan, audisi tersebut digelar berangkat dari hasil evaluasi prestasi cabang tilawah yang belum maksimal di kancah nasional. Qari dan hafiz pun menjadi fokus Pemprov saat ini.

"Dari hasil evaluasi kita, ternyata Sulbar belum berbuat banyak dikancah kasional. Kita perlu mengambil langkah tidak biasa," kata Akmal Malik.

Pj gubernur melihat, pembinaan generasi muda khususnya Qari dan hafiz belum fokus pada pembinaan. Sementara Sulbar memiliki banyak potensi luar biasa yang sebelum sebelumnya mampu mengharumkan nama daerah.

"Kami berharap dengan begini kita mentriger para pecinta Alquran Sulbar. Ini semata-mata untuk Sulbar yang Malaqbi," katanya.

Ketua LPTQ Sulbar, Muhammad Idris DP mengakui bahwa banyak potensi Sulbar yang memilih mewakili daerah lain.

"Yang mendaftar ini diharapkan memiliki modal untuk bersaing, tidak dibina tetapi pembinaan secara mandiri," kata Sekprov Sulbar itu.

Sehingga dari hasil audisi nanti, pihaknya akan melakukan pembinaan secara kelembagaan tidak lagi dilakukan secara mandiri.

Kepala Biro Pemerintah dan Kesra Setda Sulbar, Saleh Rahim mengatakan kegiatan ini diinisiasi langsung Pj gubernur dengan harapan para peserta dapat mengangkat nama Sulbar.

"Pesertanya dari putra putri se Sulbar 175 orang. Terdiri tilawah 45, hifzil 130 orang. Kegiatan ini digelar sampai tanggal 17 nanti," tandasnya. (Adv)

Related

MAMUJU 5089005421667114460

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini