Dinilai Mampu Dongkrak Pendapatan Perkapita, Bupati Mateng akan Dobrak Pemasaran Cabai ke Pusat

Panen cabai di Topoyo (foto: Jamal Tanniewa/fms)
MATENG, FOKUSMETROSULBAR.COM -- Semangat Bupati Mamuju Tengah H Aras Tammauni berapi-api, saat menyaksikan panen cabai yang melimpah di kebun percontohan Desa Kabubu Kecamatan Topoyo. 

Ia menilai, budidaya cabai sangat potensi meningkatan income perkapita masyarakat. Sebab itu bupati bertekad akan mendobrak pemasaran cabai ke pusat.

"Saya akan segera koordinasikan rencana ini pada pemerintah provinsi dan pusat," ucap Uwe', sapaan akrab Aras Tammauni, saat mengikuti panen raya cabai di perkebunan percontohan Desa Kabubu, Rabu (18/10).   

Menurut Uwe', demo plot atau kebun percontohan cabai yang dibuka Dinas Pertanian Mateng, merupakan bukti bahwa tanaman itu sangat menjanjikan masa depan. Mengapa tidak sertiap hektar mampu menghasilkan 17 hingga 20 ton. Kerena itu kelompok tani harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. 

"Saya sangat mengapresiasi gebrakan Kepala Dinas Pertanian Mateng dan Sulbar. Terimakasih atas dukungan kerjasamanya sehingga tercipta hasil panen yang melimpah," ucap bupati.

Kadis Pertanian Mateng Ruslan menjelaskan, kebun percontohan cabai yang dibuka seluas 1 hektar. Demo plot tersebut disponsori Biotis Akrindo dan dilaksanakan Kelompok Tani Siporennu. 

Namun total perkebunan cabai di Mateng sudah mencapai 185 hektar. Hasil panen selama ini dipasarkan ke berbagai kota. Terkadang pedagang asal Makassar dan Masamba Luwu Utara, Sulawesi Selatan, datang menjemput. Bahkan asal Manado Sulawesi Utara dan Gorontalo. Jika dijemput ditempat harga berkisar Rp15.000 hingga Rp17 ribu perkilogram. "Ini sangat menjanjikan masa depan petani," katanya.

"Hanya saja hambatan yang tengah dihadapi, sebab pasar yang menampung atau menerima hasil panen kita belum tersedia," tambah Ruslan.

Sejumlah pejabat Pemkab Mateng mengikuti panen cabai tersebut. Terlihat hadir Wakil Bupati Mateng Drs Amin Jasa MM, Sekkab Askary SSos, Pabung Polri Mateng Kompol Tenny, dan Kadis Koperindag Coleng Sulaiman. Hadir pula Babinsa Kabubu Koramil 1418-04 Budong-Budong Serka Sukarji beserta para ketua kelompok tani.(jml/riz)

Related

MATENG 5434923987443809500

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini